Pengaruh kualitas manajemen dan pelayanan terhadap partisipasi anggota serta dampaknya pada kinerja keuangan...
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui -dan menganalisis kualitas manajemen,
kualitas pelayanan, partisipasi anggota dan posisi kinerja keuangan koperasi unit
desa di Sulawesi Tengah; Prediksi penurunan kinerja keuanganlkepailitan KUD di
Provinsi Sulawesi Tengah; pengaruh kualitas manajemen terhadap kualitas
pelayanan; pengaruh kualitas manajemen dan kualitas pelayanan koperasi
terhadap partisipasi anggota; pengaruh kualitas manajemen, kualitas pelayanan
koperasi dan partisipasi anggota terhadap kinerja keuangan KUD di Provinsi
Sulawesi Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan ekonomi terutama pendekatan ilmu
manajemen yang memfokuskan pada bidang manajemen keuangan. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif Metode yang digunakan adalah
metode survei. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
Multivariate Discriminant Analysis (MDA) dan analisis jalur (Path Aalysis).
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas manajemen cukup
berkualitas dalam mengelola koperasi unit desa dan kualitas manajemen masingĀ
masing masuk dalam kategori cukup, kecuali ketrampilan masuk dalam kategori
berkualitas baik. Kualitas pelayanan belurn diberikan secara prima, terdapat
kesenjangan antara harapan dan kinerja yang dirasakan. Anggota cukup
berpartisipasi dalam memajukan koperasi unit desa, partisipasi insentif
berkategori cukup sedangkan partisipasi kontribusi berkategori baik. Kinerja
keuangan koperasi unit desa di Sulawesi Tengah rata-rata dengan klasiflkasi
cukup berkualitas. Prediksi penurunan kinerja keuanganlkepailitan terdapat lima
belas unit koperasi unit desa .
. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
kualitas manajemen terhadap kualitas pelayanan; terdapat pengaruh signifikan
secara simultan maupun parsial antara kualitas manajemen dan kualitas pelayanan
terhadap partisipasi anggota; terdapat pengaruh signifikan secara simultan
maupun parsial antara kualitas manajemen, kualitas pelayanan dan partisipasi
anggota terhadap kinerja keuangan koperasi unit desa di Sulawesi Tengah.
No copy data
No other version available