Pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi manajemen, informasi akuntansi manajemen dan pelayanan sistem informasi terhadap intensitas penggunaan dan kepuasan pengguna serta dampaknya terhadap kinerja pengambilan keputusan manajemen operasional (survei
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : 1) Hubungan antara kualitas sistem
infonnasi akuntansi manajemen, kualitas infonnasi akuntansi manajemen dan
kualitas pelayanan sistem infonnasi; 2) Pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi
manajemen, kualitas infonnasi akuntansi manajemen dan kualitas pelayanan sistem
infonnasi terhadap intensitas penggunaan sistem informasi; 3) Pengaruh kualitas
sistem informasi akuntansi manajemen, kualitas infonnasi akuntansi manajemen dan
kualitas pelayanan sistem infonnasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi;
4) Hubungan antara intensitas pengguna sistem informasi dan kepuasan pengguna
sistem informasi; dan 5) Pengaruh intensitas penggunaan sistem infonnasi dan
kepuasan pengguna sistem informasi terhadap kinerja pengambilan keputusan
manajemen operasional.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive
verifivative dan explanatory survey. Teknik sampling yang digunakan adalah simple
random sampling pada 22 rumah sakit PPK- BLU . Adapunjumlah responden yang
mengembalikan kuesioner sebanyak 408 responden. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang
digunakan adalah Path Analysis dengan Lisrell 8.70.
Hasil penelitian ini mengungkapkan : 1) Terdapat hubungan yang cukup erat
dengan arah positif antara kualitas sistem infonnasi akuntansi manajemen, kualitas
infonnasi akuntansi manajemen dan kualitas pelayanan sistem informasi; 2)
Pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi manajemen, kualitas informasi
akuntansi manajemen dan kualitas pelayanan sistem informasi berpengarnh positif
dan signifikan, baik secara simultan dan parsial terhadap intensitas penggunaan
sistem informasi; 3) Kualitas sistem infonnasi akuntansi manajemen, kualitas
infonnasi akuntansi manajemen dan kualitas pelayanan sistem informasi
berpengaruh positif dan signifikan, baik secara simultan dan parsial terhadap
kepuasan pengguna sistem infonnasi; 4) Terdapat hubungan yang cukup erat dengan
arah positif antara intensitas penggunaan sistem informasi dan kepuasan pengguna
sistem informasi; 5) Intensitas penggunaan sistem informasi dan kepuasaan
pengguna sistem infonnasi berpengaruh positif signifikan, baik secara simultan
maupun parsial terhadap kinerja pengambilan keputusan manajemen operasional.
Kata kunci : Kua/itas sistem informasi akuntansi manajemen, kua/itas irformast
No copy data
No other version available