Pengaruh kompleksitas perusahaan, keunggulan operasional, struktur finansial, peluang pertumbuhan, tingkat pengungkapan dan mekanisme good corporate gofernance terhadap penciptaan nilai pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai : (1) proses
penciptaan nilai bagi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (2)
pengaruh kompleksitas perusahaan, struktur finansial, peluang pertumbuhan,
keunggulan operasional, tingkat pengungkapan informasi dan mekanisme Good
Corporate Governance terhadap penciptaan nilai perusahaan yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia; dan (3) Model penciptaan nilai perusahaan yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang
masuk kedalam penghitungan indeks LQ 45 periode 2 Februari 2009 sampai 31
Juli 2009. Pengujian empiris dilakukan terhadap dua model penelitian. Model
penelitian pertama merupakan pengujian pengaruh variabel-variabel independen
terbadap variabel dependen penciptaan nilai yang dicenninkan dalam Economic
Value Added (EV A), sedangkan pada model penelitian kedua, penciptaan nilai
dicenninkan pada Market Value Added(MVA). Untuk memperkuat hasil analisis
bantitatif, dilakukan uji kualitatif dengan menggunakan content analysis untuk
mengetahui kekuatan deskripsi penciptaan nilai dan faktor kunci penciptaan nilai
dalam laporan tahunan perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian in
Basil yang diperoleh memberikan bukti empiris mengenai deskripsi proses
peoerapan penciptaan nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Selain itu terdapat pengaruh dari kompleksitas perusahaan, keunggulan
operasional, struktur finansial, peluang pertumbuhan, pengungkapan informasi
clan mekanisme good corporate governance, terhadap penciptaan nilai yang
diukur dengan menggunakan Economic Value Added (EV A) dan Market Value
Added (MY A). Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, maka dapat
cIisusun suatu model penciptaan nilai yang mencerminkan bagaimana strategi
mnum yang dilakukan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
dalam melakukan penciptaan nilai bagi para pemegang sahamnya.
No copy data
No other version available