Pengaruh kinerja penyampaian jasa dan tanggungjawab sosial terhadap citra institusi dan keunggulan bersaing serta implikasinya terhadap kepercayaan pasien
Kebutuhan atas pelayanan kesehatan yang semakin baik, meningkatnya
kesadaran akan hak-hak kesejahteraan pasien, dan dalam rangka mencapai visi
Indonesia Sehat 2010, serta program The Millenium Development Goals 2015 yang
dicanangkan UNDP-PBB mendorong pemerintah untuk memperbaiki kualitas
pelayanan rumah sakit, sedangkan minat investor untuk mendirikan rumah sakit
swasta tidak bisa sepenuhnya bermotif bisnis tetapi juga bertanggung jawab secara
sosial. Wilayah Solo Raya Jawa Tengah memilikf pertumbuhan rumah sakit barn
tertinggi tetapi berdasarkan indikator profile kesehatan rumah sakit termasuk belum
memuaskan, seperti BoR yang rendah, pada sisi lain jumlah pasien Jawa Tengah yang
berobat ke luar negeri terus meningkat, serta berdasarkan prasurvei mengindikasikan
rendahnya kepercayaan pasien, ketidakunggulan bersaing, belum memiliki nilai citra
yang diindikasikan karena kurangnya pelayanan yang baik, serta rendahnya tanggung
jawab sosial kepada masyarakat terdekat. Rendahnya kepercayaan pasien merupakan
ancaman serius bagi rumah sakit swasta di tengah persaingan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja penyampaian jasa, tanggung
jawab sosial, citra institusi, dan keunggulan bersaing serta pengaruhnya terhadap
kepercayaan pasien.
Metode yang digunakan adalah gabungan antara metode deskriptif dan
eksplanasi dan analisis data dengan menggunakan Structural Equation Modeling.
Data dikumpulkan melalui survey terhadap 420 responden pasien dari 21 rumah sakit
swasta di wilayah Solo Raya yang terdiri dari Kotamadya Surakarta, dan 6
Kabupaten: Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar dan Sragen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja penyampaian jasa dan tanggung
jawab sosial rumah sakit dipersepsi sedang, dan lebih rendah dibandingkan harapan
pasien, rumah sakit swasta di Solo Raya belum memiliki nilai citra, daya saing, serta
kepercayaan pasien. Kinerja penyampaian jasa dan tanggung jawab sosial memiliki
pengaruh positif terhadap citra institusi dan keunggulan bersaing. Citra institusi dan
keunggulan bersaing memiliki pengaruh bolak-balik, Kinerja penyampaian jasa
berpengaruh terhadap kepercayaan pasien tetapi tanggung jawab sosial tidak memiliki
pengaruh langsung terhadap kepercayaan pasien. Dari hasil temuan disarankan agar
rumah sakit swasta memperbaiki kinerja penyampaian jasa baik perbaikan fasilitas
fisik maupun kinerja personel serta meningkatkan aktivitas tanggung jawab sosial
guna meningkatkan citra institusi dan keunggulan bersaing sehingga diharapkan dapat
meningkatkan kepercayaan pasien.
No copy data
No other version available