Lingkungan Bisnis Pengaruhnya Terhadap Kinerja (suatu survey pada unit pelayanan industri telekomunikasi seluler di Jawa Barat)
Industri telekomunikasi seluler Indonesia berada dalam kondisi yang
sangat kompetitif dengan 10 operator, sehingga merupakan salah satu negara
dengan operator terbanyak di dunia. Industri ini telah memasuki fase maturity
dengan pertumbuhan revenue hanya single digit dan penetrasi telepon seluler
lebih dari 100 persen terhadap penduduk Indonesia. Dari 10 operator tersebut
tiga operator besar (Big Three GSM) menguasai 88 persen revenue, masingĀ
masing telah mencapai economic of scale, menciptakan profit, memiliki askses
terhadap teknogi dan kapital. Jawa Barat merupakan salah satu area dimana
kondisi infrastruktur telekomunikasi masing-masing operator tersebut relatif
seimbang dan masih memberikan ruang pertumbuhan. bisnis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi
pola hubungan konstruk lingkungan eksternal, sumber daya internal,
kepemimpinan, implementasi strategi dan kinerja unit pelayanan pad a industri
telekomunikasi seluler di Jawa Barat yang dipandang memberikan kontribusi
terhadap penciptaan kinerja pada Big Three GSM tersebut. Metode analisis yang
digunakan adalah dengan pendekatan statistik deskriptif dan Partial Least Square
(PLS) untuk menguji hipotesis yang diproposisikan dalam penelitian.
Hasil temuan penelitian ini adalah bahwa peningkatan kinerja pelayanan
pada unit pelayanan industri telekomunikasi seluler ditentukan oleh kemampuan
perusahaan dalam mengimplementasikan strategi yang telah ditetapkan,
implementasi strategi perusahaan dapat dicapai melalui kompetensi
kepemimpinan yang mendukung, sedangkan kepemimpinan yang mendukung
keberhasilan impJementasi strategi adalah kepemimpinan yang mampu merespon
lingkungan bisnis eksternal sebagai peluang dan mampu memanfaatkan kekuatan
dari sumber daya internal perusahaan.
No copy data
No other version available