pengaruh the big five personality dan materialisme konsumen terhadap pembelian influsif serta dampaknya pada pembelian kompulsif
Menjamurnya bisnis ritel modem saat ini, seperti mall atau plaza di berbagai kota
di tanah air tak bisa dipungkiri telah mengubah pola belanja sebagian konsumen
Indonesia. Hal ini menyangkut faktor kepribadian dan gaya hidup seperti
terjadinya perubahan gaya hidup dan kebiasaan berbelanja, Kenyataannya
konsumen seringkali tidak menggunakan pikiran rasionalnya dalam menentukan
barang yang benar-benar dibutuhkan. Konsumen membeli produk dengan
berbagai alasan , seperti : untuk menghilangkan suasana hati yang buruk,
mengekspresikan identitas atau hanya untuk bersenang-senang. Tujuan penelitian
ini adalah untuk memperoleh basil dari : Kajian deskripsi tentang The Big Five
Personality, materialisme konsumen, pembelian impulsif dan pembelian
kompulsif pada pengunjung mall di kota Bandung ; Analisis pengaruh The Big
Five Personality dan Materialisme Konsumen terhadap Pembelian Impulsif pada
pengunjung mall di kota Bandung ; Analisis pengaruh kepribadian The Big Five
Personality, Materialisme Konsumen dan Pembelian Impulsif terhadap Pembelian
Kompulsif pada pengunjung mall di kota Bandung ; Analisis pengaruh pembelian
impulsif terhadap pembelian kompulsif pada pengunjung mall di kota Bandung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik
pengumpulan datanya adalah studi literatur dan studi lapangan. Studi lapangan
menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Sampel diambil 300
pengunjung Mall ill kota Bandung. Teknik penarikan sampel menggunakan
Systematic Random Sampling. Model pengaruh dianalisis menggunakan
Structural Equation Model.
Hasil penelitian menunjukkan adanya Pengaruh The Big Five Personality dan
Materialisme Konsumen terhadap Pembelian Impulsif pada pengunjung mall di
kota Bandung, dimana pengaruh yang paling dominan mempengaruhi pembelian
impulsif adalah sifat Neuroticism sedangkan yang paling keeil pengaruhnya
terhadap pembelian impulsif adalah sifat agreeableness. Hasil penelitian ini juga
menunjukkan adanya Pengaruh The Big Five Personality, Materialisme
Konsumen dan Pembelian Impulsif terhadap Pembelian Kompulsif pada
pengunjung mall ill kota Bandung, dimana yang paling mempengaruhi pembelian
.. kompulsif adalah agreeableness dan pembelian impulsif sedangkan yang paling
kecil pengaruhnya adalah conscientiousness.
No copy data
No other version available