peran pemimpin terhadap organisasi pembelejaran dan kompetensi organisasi serta dampaknya pada kinerja organisasi
PERAN PEMIMPIN TERHADAP ORGANISASI PEMBELAJAR DAN KOMPETENSI
ORGANISASI SERT A DAMP AKNYA P ADA KINERJA ORGANISASI
(PENELITIAN PADA PROGRAM STUDI SI TERAKREDITASI PERGURUAN TINGGI
SWASTA DI JAKARTA)
ABSTRAK
Dalam rangka menghasilkan lulusan program studi yang berkualitas dibutuhkan peran
pemimpin yang mampu melakukan perubahan paradigma pengelolaan program studi untuk
menjawab isu dan masalah strategis pendidikan nasional yaitu daya saing, otonomi atau
desentralisasi dan kelembagaan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis peran pemimpin, organisasi pembelajar, dan kompetensi organisasi
terhadap kinerja organisasi, selain itu untuk mengetahui pengaruh peran pemimpin melalui
organisasi pembelajar dan kompetensi organisasi serta dampaknya pada kinerja organisasi.
Penelitian dilakukan terhadap program studi SI terakreditasi Perguruan Tinggi Swasta di
Jakarta, dengan metode survey, yaitu descriptive dan explanatory. Teknik analisis yang digunakan
adalah Structural Equation Model dengan PLS, jumlah sampel adalah sebanyak 110 program
studio Penentuan sampel menggunakan Stratified Random Sampling yaitu tiga strata peringkat
akreditasi yaitu A, B dan C, proposional dari keseluruhan 611 program studio
Hasil hipotesis deskriptif adalah peran pemimpin agak tinggi, organisasi pembelajar
agak tinggi, kompetensi agak tinggi dan kinerja agak tinggi dalam meningkatan kompetensi
lulusan. Hipotesis kedua terdapat pengaruh signifikan peran pemimpin terhadap organisasi
pembelajar, adapun artinya adalah semakin baik peran pemimpin berdampak semakin
meningkatnya organisasi pembelajar. Untuk hipotesis ke tiga peran pemimpin secara langsung
dan tidak langsung melalui organisasi pembelajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi
organisasi, yang artinya semakin baik peran pemimpin dan organisasi pembelajar semakin
meningkatnya kompetensi organisasi. Hipotesis keempat dengan hasilnya adalah peran pemimpin
dan organisasi pembelajar berpengaruh secara langsung dan tidak langsung melalui kompetensi
organisasi terhadap kinerja organisasi, artinya semakin baik peran pemimpin dan organisasi
pembelajar maka akan berdampak semakin meningkatnya kinerja organisasi baik secara Ingsung
atau tidak langsung melalui kompetensi organisasi.
No copy data
No other version available