Kemampuan Menganalisis Pasar Dan Rantai Nilai Dalam Menentukan Strategi Bisnis, Serta Implikasinya Pada Kinerja Bisnis Peternak Ayam Broiler (survei di wilayah priangan timur)
Po la konsumsi masyarakat yang sering berubah banyak berpengaruh pada
besaran dan waktu permintaan masyarakat terhadap produk daging ayam. Seeara
langsung atau tidak, hal ini eenderung berpengaruh pada harga daging ayam
broiler yang di tawarkan ke pasar, selain itu sumberdaya petemak yang relatif
sangat terbatas membuat rentan terhadap ketidakpastian yang ada dalam dinamika
lingkungan bisnisnya, terutama yang berkenaan dengan perilaku dan tuntutan
pasar yang semakin variatif. Keterbatasan para petemak skala keeil menengah
berupa keunggulan kompetitif yang tidak memadai dalam hal pemahaman konsep
rantai nilai bisnis dan penerapan strategi bisnis yang tepat telah membuat kinerja
bisnis menjadi tidak maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seeara komprehenship tentang
kemampuan menganalisis pasar, kemampuan menganalisis rantai nilai, strategi
bisnis dan kinerja bisnis petemak ayam broiler di wilayah Priangan Timur.
PeneIitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen strategi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif
dengan unit analisis adalah Petemak Ayam Broiler skala kecil menengah di
wilayah Priangan Timur , dengan ukuran sampel sebanyak 200 buah. Metode
analisis yang digunakan adalah rentang interval dan SEM.
Berdasarkan hasil analisis, maka ditemukan bahwa: 1) Kemampuan
menganalisis pasar, kemampuan menganalisis rantai nilai, strategi bisnis dan
kinerja bisnis Petemak Ayam Broiler di wilayah Priangan Timur dinilai baik, 2)
Terdapat pengaruh positif kemampuan menganalisis pasar dan kemampuan
menganalisis rantai nilai terhadap strategi bisnis, baik seeara parsial maupun
simultan, 3) Terdapat pengaruh strategi bisnis terhadap kinerja bisnis petemak
ayam broiler di Wilayah Priangan Timur, 4) Terdapat pengaruh positif
kemampuan menganalisis pasar dan kemampuan menganalisis rantai nilai
terhadap kinerja bisnis seeara simultan namun secara parsial kemampuan
menganalisis pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis, 5) T erdapat
pengaruh kemampuan menganalisis pasar dan kemampuan menganalisis rantai
nilai terhadap kinerja bisnis melalui strategi bisnis.
No copy data
No other version available