Karakteristik individu , kinerja bauran pemasaran dan kinerja manajemen kerelsian pelanggan terhadap nilai pelanggan serta implikasinya pada pangsa pelanggan dan loyalitas pelanggan
Peranan jasa telekomunikasi seluler di masa depan akan makin besar dalam
menunjang kegiatan komUnikasi masyarakat dunia termasuk di Indonesia.
Perkembangan teknologi seluler telah membuka banyak layanan seluler yang baru.
Kemajuan tersebut telah meningkatkan pengguna smart phone sekaligus gaya hidup
dijital pelanggan seluler pas ea bayar. (Namun) Fenomena tersebut telah menimbulkan
masalah loyalitas pelanggan pas ea bayar bagi operator seluler. Selain itu penurunan
average revenue per user (ARPU) operator seluler mengakibatkan menurunnya
keuntungan per pelanggan yang diperoleh operator seluler. Dinamika tersebut
mendorong operator seluler untuk mengembangkan strategi pemasaran yang dapat
menciptakan Nilai Pelanggan superior dengan mengimplementasikan Karakteristik
Individu, Kinerja Bauran Pemasaran, dan Kinerja Manajemen Kerelasian Pelanggan
yang pada akhimya diharapkan dapat meningkatkan Pangsa Pelanggan dan Loyalitas
Pelanggan.
Penelitian ini bertujuan menemukan altematif model solusi melalui
penggalian dan pengkajian data dan informasi tentang pengaruh struktural antara
variabel Karakteristik Individu, Kinerja Bauran Pemasaran, Kinerja Manajemen
Kerelasian Pelanggan, Nilai Pelanggan, Pangsa Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan.
Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dan kausal dimana analisa
datanya menggunakan Structural Equation Modeling. Data primer dikumpulkan
melalui survei pelanggan pasca bayar operator PT.Telkomsel, PT.Indosat, dan
PT.Excelcomindo Axiata terhadap 650 responden di 14 kota besar di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan Loyalitas
Pelanggan pasca bayar maka operator seluler hams dapat memprioritaskan
pengembangan dan perbaikan Kinerja Manajemen Kerelasian Pelanggan, diikuti
dengan penerapan Karakteristik Individu Pelanggan serta Kinerja Bauran Pemasaran
yang dapat menciptakan Nilai Pelanggan yang superior. Dengan demikian akhiinya
akan mampu meningkatkan Pangsa Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan operator
seluler.
No copy data
No other version available