Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Nilai Yang Dirsakan Serta Dampaknya Pada Kepuasan Penumpang Kapal (Studi Penumpang Kapal Laut Se Indonesia)
Kompetisi persaingan antar moda transportasi memicu banyak perusahaan transportasi
bersaing untuk merebut pelanggannya dengan menggunakan strategi harga, dan adanya
keterlibatan kebijakan pemerintah yang menerapkan tarif batas atas antar moda
penerbangan berdampak penurunan jumlah penumpang pada transportasi laut terutarna
perusahaan Pelayaran. Rendahnya kualitas pelayanan kapal juga memicu penumpang
berpindah ke moda lain seperti pesawat. Disamping itu, nampaknya penerapan bauran
pemasaran jasa belum maksimal digunakan untuk menghantarkan nilai yang diterima dan
kepuasan penumpang.
Penelitian ini bertujuan mengetahui, menggali, penerapan, bauran pemasaran jasa,
kualitas pelayanan kapal, nilai yang dirasakan dan kepuasan penumpang kapal. Serta
mengetahui tingkat pengaruh bauran pemasaran jasa, kualitas pelayanan, nilai yang
diterima terhadap kepuasan penumpang kapal.
Metode penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif dan jenis penelitian adalah
exsplanatory dengan menggali pengaruhnya kualitas pelayanan, dan bauran pemasaran
jasa terhadap nilai yang diterima dan kepuasan penumpang dimana pengertian nilai yang
diterima dan kepuasan mencerminkan nilai dan kepuasan bagi penumpang kapal. Unit
analisis dalam penelitian ini adalah penumpang kapal di Indonesia. Pengamatan
menggunakan cakupan waktu (time horizon) bersifat cross section, artinya informasi atau
data yang diperoleh adalah hasil penelitian yang dilakukan pada satu waktu tertentu yaitu
pada tahun 2009.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan
kapal secara simultan berpengaruh terhadap nilai yang dirasakan, dan nilai yang diterima
berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Sedangkan bauran pemasaran secara parsial
tidak berpengaruh terhadap nilai yang diterima, namun kualitas pelayanan kapal secara
parsial berpengaruh terhadap nilai yang diterima.
No copy data
No other version available