Orientasi pasar dan strategi pemasaran dalam menciptakan keunggulan posisional serta dampaknya terhadap kinerja perguruan tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kajian mengenai; (1)
pelaksanaan orientasi pasar dan strategi pemasaran, keunggulan posisional, dan
kinerja perguruan tinggi (2),' besamya hubungan orientasi pasar dan strategi
pemasaran, (3) pengaruh orientasi pasar dan . strategi pemasaran terhadap
keunggulan posisional baik secara simultan maupun parsial, (4) pengaruh
orientasi pasar, strategi pemasaran, dan keunggulan posisional terhadap terhadap
kinerja perguruan tinggi baik secara simultan maupun parsial.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Populasi
adalah PTS, dan unit analisisnya adalah PTS di Kopertis IV, unit observasil
respondennya pimpinanlpengelola. Jumlah sampel yang diambil dari 470 PTS di
Kopertis IV yaitu; 45 universitas, 4 institut, 237 sekolah tinggi, 153 akademi dan
31 politeknik. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified random
sampling. Model pengaruh dianalisis menggunakan structural equation model
(SEM) dengan LISREL 8.7, mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan
kausal antar variabel laten.
Hasil penelitian ini mempunyai kesesuaian dalam menjelaskan keterkaitan
antar variabel. Diperoleh hasil bahwa: orientasi pasar, strategi pemasaran,
keunggulan posisional, dan kinerja perguruan tinggi berada pada kategori
moderat. Orientasi pasar dan strategi pemasaran, memiliki hubungan yang
signifikan. Orientasi pasar dan strategi pemasaran berpengaruh secara simultan
dan parsial terhadap keunggulan posisional, dimana pengaruh strategi pemasaran
lebih dominan. Orientasi pasar, strategi pemasaran, dan keunggulan posisional
berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja perguruan tinggi,
dimana secara parsial lebih ditentukan keunggulan posisional.
No copy data
No other version available