Pengaruh sistem penilaian kinerja, penghargaan, sistem informasi manajmen dan intelectual capital dalammemoderisasi...
Peningkatan kualitas jasa bagi institusi pendidikan merupakan salah satu faktor
kunci dalam kompetisi antarnegara di era globalisasi ini. Total Quality Management
(TQM) merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kualitas secara terus menerus
dari setiap aspek bisnis dan keseluruhan organisasi. Dalarn penerapannya, implementasi
TQM memerlukan dukungan dari faktor-faktor lain yaitu: sistem penilaian kinerja,
penghargaan, sistem informasi manajemen dan intellectual capital, agar peningkatan
kualitas dan kinerja dapat tercapai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh
sistem penilaian kinerja, penghargaan, sistem informasi manajemen dan intellectual
capital dalam memoderasi hubungan antara implementasi total quality management
dengan kualitas jasa pada Perguruan Tinggi bersertifikat ISO 9001 di Indonesia, dan
implikasinya terhadap kinerja perguruan tinggi pada Perguruan Tinggi bersertifikat ISO
9001 di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan sensus. Sampel
dalam penelitian ini adalah 30 program studi pada Perguruan Tinggi bersertifikat ISO
9001 di Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
regresi sederhana dan regresi interaksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) implementasi total quality management
pada Perguruan Tinggi bersertifikat ISO 900 I di Indonesia secara umum dinilai tinggi,
sedangkan sistem penilaian kinerja, penghargaan, sistem informasi manajemen,
intellectual capital, kualitas jasa dan kinerja perguruan tinggi pada Perguruan Tinggi
bersertifikat ISO 9001 di Indonesia secara umum dinilai cukup, 2) implementasi total
quality management berpengaruh terhadap kualitas jasa perguruan tinggi pada Perguruan
Tinggi bersertifikat ISO 9001 di Indonesia, 3) sistem penilaian kinerja, penghargaan,
sistem informasi manajemen dan intellectual capital berpengaruh dalam memoderasi
hubungan antara implementasi total quality management dengan kualitas jasa perguruan
tinggi pada Perguruan Tinggi bersertifikat ISO 9001 di Indonesia, dan hasil secara partial
menunjukkan: (1) sistem penilaian kinerja berpengaruh dalarn memoderasi hubungan
antara implementasi total quality management dengan kualitas jasa perguruan tinggi pada
Perguruan Tinggi bersertifikat ISO 9001 di Indonesia, (2) penghargaan berpengaruh
dalam memoderasi hubungan antara implementasi total quality management dengan
kualitas jasa perguruan tinggi pada Perguruan Tinggi bersertifikat ISO 9001 di Indonesia,
(3) sistem informasi manajemen berpengaruh dalam memoderasi hubungan antara
implementasi total quality management dengan kualitas jasa perguruan tinggi pada
Perguruan Tinggi bersertifikat ISO 9001 di Indonesia, (4) intellectual capital
berpengaruh dalam memoderasi hubungan antara implementasi total quality management
dengan kualitas jasa perguruan tinggi pada Perguruan Tinggi bersertifikat ISO 9001 di
Indonesia, 4) kualitas jasa berpengaruh terhadap kinerja perguruan tinggi pada Perguruan
Tinggi bersertifikat ISO 9001 di Indonesia.
No copy data
No other version available