Pengaruh Pembentukan Modal, Akesibilitas dan Mobilitas Jalan Serta Kendaraan Pada Sektor Perekonomian, Kesempatan Kerja dan Kemiskinan
Transportasi jalan rnempunyai peran penting dalam pembangunan.
Ketersediaanya disadari mempunyai pengaruh terhadap sector perekonomian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh modal, aksesibilitas
dan mobilitas jalan serta kendaraan terhadap sektor perekonomian, kesempatan
kerja dan kemiskinan. Penelitian dilakukan di wilayah Indonesia selama periode
2000 sampai dengan 2010.
Pengaruh modal, aksesibilitas dan mobilitas serta kendaraan dimodelkan
dalam tiga persamaan matematis yaitu model pertumbuhan ekonomi, model
kesempatan kerja dan model kemiskinan. Unit analisis yang digunakan adalah
provinsi di Indonesia, data yang digunakan adalah data sekunder untuk kemudian
diolah dengan metoda estimasi parameter menggunakan Estimataed Generalized
Least Square (EGLS) dengan Panel Corrected Standard Error (PC SE) serta
weighted least square dan Fixed Effect Model (FEM)
Hasil penelitian menujukan bahwa: (a) modal mempunyai pengaruh
positif (menambah) terhadap pertumbuhan ekonomi, dan moderasi oleh
aksesibilitas, mobilitas dan kendaraan, terhadap hubungan antara modal dengan
pertumbuhan ekonomi, mempunyai pengaruh positif (meningkatkan); (b) modal
dan PDRB memnyai pengaruh positif (menambah) terhadap kesempatan kerja,
moderasi oleh aksesibilitas, mobilitas dan kendaraan terhadap hubungan modal
dengan kesempatan kerja secara individual mempunyai pengaruh positif
(meningkatkan), sedangkan secara bersama-sama mempunyai pengaruh negatif
(mengurangi); (c) PDRB dan kesempatan kerja mempunyai pengaruh negatif
(mengurangi) terhadap kemiskinan. Hasil ini menunjukkan bahwa modal,
aksesibilitas, mobilitas dan kendaraan mempunyai pengaruh secara signifikan
pada sektor perekonomian, kesempatan kerja dan kemiskinan.
No copy data
No other version available