Pengaruh perbedaan individu dan brand trust terhadap keputusan beriklan : survei pada pengiklan baris di harian umum Pikiran Rakyat
Deni Yudiawan. 120820130012. Pengaruh Perbedaan Individu dan Brand
Trust Terhadap Keputusan Beriklan (Survei pad a Pengiklan Baris di Harian
Umum Pikiran Rakyat), di bawah bimbingan Popy Rufaidah, SE., M.BA.,
Ph.D. dan Diana Sari, SE., M.Mgt., Ph.D.
Media massa tak hanya menyajikan berita sebagai infonnasi, tetapi juga iklan.
Baik media cetak maupun online menjual duajasa tersebut. Di Jawa Barat sendiri,
Harian Umum Pikiran Rakyat yang telah berdiri sejak setengah abad lalu semula
menjadi pemimpin pasar. Namun, seiring dengan tingkat persaingan yang kian
ketat, terdapat penurunan tiras yang dibarengi oleh penurunan pendapatan iklan.
Untuk mengatasi pennasalahan tersebut, tentu saja harns dicari solusi yang tepat
agar perusahaan mampu membuat strategi agar dapat menaikkan pendapatan dari
iklan baris itu. Secara teori, salah satu cara untuk meningkatkan keputusan
masyarakat untuk menjadi pengiklan baris adalah dengan mengetahui perbedaan
individu dan memperkuat brand trust. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan melakukan kajian atas gambaran perbedaan individu, brand trust,
keputusan beriklan serta pengarnh perbedaan individu dan brand trust, terhadap
keputusan beriklan menurut para pengiklan baris pada Harian Umum Pikiran
Rakyat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode
penelitian descriptive survey dan explanatory survey. Data diperoleh melalui
kuesioner, wawancara, dan observasi di lapangan. Hasil pengumpulan data
dengan sumber data primer, diperoleh jumlah sampel sebesar 200 responden.
Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengarnh yang signifikan antara
perbedaan individu dan brand trust terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti
perbedaan individu para pelanggan dan kepercayaan pelanggan atas merek Pikiran
Rakyat dapat memberikan pengaruh atas keputusan pelanggan untuk beriklan di
Pikiran Rakyat.
No copy data
No other version available