PERENCANAAN BISNIS BAKSO MAIN DI KABUPATEN GARUT
PERENCANAAN BISNIS BAKSO MAIN DI KABUPATEN GARUT
Oleh : Vidi Surya Nugraha
ABSTRAK
Bisnis makanan merupakan bisnis yang senantiasa bertahan dan terus berkembang
seiring dengan meningkatnya kebutuhan kuliner masyarakat. Garut merupakan salah satu
kota kuliner di provinsi Jawa Barat. Salah satu bisnis makanan yang saat ini digemari adalah
bakso. Bakso merupakan makanan asal Cina yang sudah dikenal dan digemari sejak lama
oleh masyarakat Indonesia. Bakso merupakan peringkat ke 3 dari 40 jenis makanan yang
paling dieari di Indonesia.
Bisnis bakso merupakan bisnis yang tahan lama dan tidak mengenal musim karena
bakso merupakan makanan favorit disetiap daerah. Perencanaan bisnis adalah dokumen
tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang mengambarkan semua unsur-unsur yang relevan
baik internal, maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha.
Pereneanaan bisnis bakso Main di kabupaten Garut mempunyai potensi tinggi dan layak
untuk diteruskan sebagai implementasi bisnis karena memenuhi uji kelayakan dengan kriteria
dari model Barringer.
Hasil penelitian deskriptif kualitatif ini memmjukan bahwa bisnis bakso main tidak
layak dilanjutkan bila menggunakan skenario pesimis namun bila menggunakan skenario
moderat dan optimis merupakan bisnis potensial dan layak dilanjutkan menurut salah satu
kriteria Barringer dari sisi keuangan yaitu menggunakan modal yang rendah, waktu untuk
Break event point antara 1 hingga 2 tahun, serta kinerja keuangan bisnis pesaing juga kuat
seperti bakso Boedjangan yang pada saat ini merniliki 13 cabang yang berada di kota
Bandung, Jakarta, Sumedang dan Garut.
No copy data
No other version available