pemodelan rumah tangga dalam berbelanja barang kebutuhan sandang menggunakan metode BPNN dan MARS : studi kaus survei biaya hidup kota Ambon tahun 2012
Pasar atau tempat berbelanja barang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pasar
modem dan pasar bukan modem. Kemunculan berbagai pusat pembelanjaan
modem di Kota Ambon merupakan cermin terjadinya perubahan gaya hidup
masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui kecenderungan rumah tangga
dalam pemilihan tempat berbelanja kebutuhan sandang di Kota Ambon tahun
2012. Penelitian ini menghitung ketepatan klasifikasi preferensi belanja sandang
rumah tangga menggunakan Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS)
dan Back Propagation Neural Network (BPNN) dengan memakai data Survei
Biaya Hidup (SBH) 2012 kota Ambon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
MARS menghasilkan ketepatan yang lebih besar .dalam menentukan
kecenderungan pemilihan tempat beianja sandang rumah tangga dibandingkan
metode BPNN dilihat dari perbandingan nilai spesifikasi, sensitivitas dan tingkat
ketepatan.
No copy data
No other version available