Sport marketing, customer relationship management dan corporate image PT. Persib bandung bermartabat : survey terhadap mitra PT. Persib Bandung
Pada era globalisasi, sektor jasa merupakan sektor yang dapat berkembang
dalam hal ini ditandai dengan sektor jasa yang dianggap sebagai tahapan tertinggi
dalam proses perkembangan ekonomi. Bidang olahraga merupakan sektor jasa yang
dapat berkembang pada era globalisasi. Persib Bandung merupakan klub sepakbola
di Indonesia yang sudah menerapkan pengelolaan klubnya secara mandiri bukan
bersumber dari dana pemerintah lagi. Perusahaan jasa khususnya dibidang
olahraga agar dapat menarik konsumen dan menciptakan citra yang posit if harus
memperhatikan prestasi kerja agar dapat memuaskan konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sport marketing, customer
relationship manajemen dan corporate image dari PT P ERSIB Bandung.
Metode yang digunakan pada penelitian ini metode analisis deskriptif dan
verifikatif, data diperoleh melalui kuisioner dan observasi dilapangan, sampel yang
digunakan sebagai responden yaitu sebesar 115 responden, metode analisis yang
digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian berupa tanggapan responden mengenai sport marketing,
customer relationship management dan corporate image, dim ana sport marketing
lebih kecil pengaruhnya dibandingkan dengan customer relationship management
terhadap corporate image, adapun pengujian hipotesis secara simultan dan parsial
didapatkan hasil bahwa seluruh hipotesis (HI) diterima untuk variabel sport
marketing dan customer relationship management secara simultan maupun parsial.
No copy data
No other version available