Inovasi Visual Branding dan Desain Fasilitas Mendukung Terciptanya Nilai Pelanggan
Devi Wiliardi, Inovasi Visual Branding dan Desain Fasilitas Mendukung
Terciptanya Nilai Pelanggan, dibawah bimbingan Prof.Dr.H. Yuyus Suryana
Sudarma, SE,MS dan Yudi Aziz, SE., S.Si., S.sos., MT., Ph.D .
Hal utama dalam persaingan usaha tentu saja bersaing mendapatkan
pelanggan, karena pelanggan merupakan satu-satunya alasan perusahaan
mengembangkan usaha. Serangkaian inovasi strategi pemasaran dilakukan
bertujuan menarik pelanggan. Membangun persepsi pelanggan melalui
branding dengan menciptakan identitas pembeda, dengan memberi infonnasi
melalui visual branding dan desain fasilitas yang menarik. Pennasalahan
yang dihadapi Unkl347 adalah persaingan usaha sejenis yang terus meningkat
di kota Bandung, yang menyebabkan pelanggan sangat mudah untuk
berpindah ke merek lain. Namun inovasi yang dilakukan unk1347 melalui
visual branding serta desain fasilitas dianggap mampu mempertahankan
pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji/
membuktikan apakah inovasi visual branding dan desain fasilitas
berpengaruh dalam mendukung terciptanya nilai pelanggan, baik
secara simultan dan parsial pada Unkl347 di Bandung. Pelanggan
merupakan alasan terciptanya persaingan usaha, dengan demikian
pengusaha berlomba melakukan inovasi agar dapat menarik
pelanggan dan dapat bersaing.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode
penelitian descriptive survey dan causal explanatory. Data penelitian
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan pembagian kuesioner. Hasil
pengumpulan data dengan sumber primer diperoleh dari jumlah sampel
sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
jalur (path analysis).
Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa inovasi visual branding
dan desain fasilitas secara simultan memberi pengaruh signifikan terhadap
nilai pelanggan. Sedangkan secara parsial desain fasilitas dan inovasi visual
branding berpengaruh positif terhadap nilai pelanggan.
Penelitian ini membuktikan bahwa design fasilitas memiliki pengaruh
yang lebih besar dari nilai Inovasi visual branding terhadap nilai pelanggan.
Oleh sebab itu, hendaknya design fasilitas tetap dijaga dan terus ditingkatkan.
Disisi lain, inovasi visual branding sebaiknya dievaluasi selalu
memperhatikan opini dari pelanggan dalam rangka meningkatkan hasil
inovasi yang dilakukan, guna kemajuan dan keuntungan usaha. Sehingga
usaha mampu bersaing antara pengusaha clothing yang ada di Bandung.
No copy data
No other version available