Penyusunan Dan Pelaksanaan Pelatihan "Letvis" Untuk Meningkatkan Kemampuan Selective Attention Pada Anak Gangguan Pemusatan Perhatian Usia 8 Tahun
NAEILA RIFATIL MUNA. Penyusunan dan Pelaksanaan Pelatiban
"LETVIS" Untuk Meningkatkan Kemampuan Selective Attention Pad a Anak
Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perbatian Usia 8 Tabun
Pembimbing : Prof. Dr. Juke R Siregar, M.Pd. & Laila Qodariab, S.Psi. M.Psi.
Anak yang mengalami GPP pada umumnya mudah terdistraksi oleh
banyak hal yang sering kali tidak berkaitan dengan tugas yang harus dikerjakan,
Hal terse but dapat menimbulkan permasalahan baik dalam hal akademik maupun
kehidupan sosialnya. Kondisi anak GPP yang mudah terdistraksi menunjukkan
bahwa anak memiliki kemampuan selective attention yang lebih rendah
dibandingkan dengan anak pada urnurnnya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini
dibagi menjadi dua yaitu: pertama, merancang pelatihan Letter Visual Search
(LetViS). Kedua, melakukan uji coba pelatihan LetViS pada anak GPP usia 8
tahun.
Studi I yaitu perancangan pelatihan Letter Visual Search (LetViS)
merupakan pelatihan dengan menggunakan program komputer untuk
meningkatkan selective attention. Penelitian ini dirancang menggunakan
instructional system design dengan metode pelatihan menggunakan psikoedukasi
untuk menumbuhkan self awareness anak dalam mengubah perilaku yang kurang
efektif menjadi lebih efektif.
Studi 11 yaitu uji coba pelatihan LetViS dilakukan pada seorang anak yang
mengalami GPP usia 8 tahun dengan menggunakan rancangan Single Subjek, time
series design. Berdasarkan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pelatihan
LetViS dapat meningkatkan selective attention anak GPP usia 8 tahun yang diukur
menggunakan The d2 Tes Of Attention. Hal tersebut dilihat dari peningkatan.
kategori kemampuan selective attention dari kategori dibawah rata-rata meningkat
menjadi kategori diatas rata-rata. Perubahan perilaku anak yang dapat
meningkatkan perilaku efektif yaitu meningkatnya kemampuan anak untuk
mempertahankan perhatian pada stimulus target sebagai tugasnya dan
menurunnya perilaku terdistraksi terhadap stimulus non target yang bukan
tugasnya sampai batas waktu selesai. Kemampuan selective attention anak
mengalami peningkatan setelah memperoleh pelatihan LetViS.
No copy data
No other version available