Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Acara Shave for Hope : Studi Kasus pada kegiatan sosialisasi dan penanggulangan dana terkait permasalahan sosial lanker anak di Indonesia
Maya Ulfa, 210120130024, 2015. Judul "Strategi Komunikasi Pemasaran
Sosial Acara Shave For Hope". Sub-judul "Studi kasus pada kegiatan sosialisasi
dan penggalangan dana t;enl,.Q.ib permasalahan sosial kanker anak di
Indonesia". Dengan ketua tim pembimbing Dr. Suwandi Sumartias, M.Si. dan
anggota tim pembimbing Dr. Udung Noor Rosyad, M.Si., M.M.
Memasarkan sebuah kebiasaan barn yang bermanfaat secara sosial lebih
rumit daripada memasarkan produk atau jasa yang memberikan keuntungan
langsung bagi target sasaran. Akan tetapi, Shave for Hope mampu tampil sebagai
acara sosial dengan konsep cukur massal pertama dan terbesar di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang strategi
komunikasi pemasaran sosial acara Shave for Hope, kendala yang dihadapi terkait
strategi komunikasi pemasaran sosial pada acara tersebut, dan alasan sosialisasi dan
penggalangan dana dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan sosial kanker
anak.
Teori tentang komunikasi pemasaran sosial dan interaksi simbolik
mendasari pemahaman dan analisis penelitian ini. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Data
dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi literatur,
arsip, dan dokumentasi terhadap subjek penelitian yang dipilih (purposif).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Elemen bauran promosi yang digunakan
Shave for Hope terdiri dari penjualan personal, iklan, pemasaran langsung,
hubungan masyarakat dan publisitas. Pesan menggunakan simbol-simbol signifikan
diantaranya bahasa tulisan, logo merek, slogan, maskot, dan figur: 2) Kendala yang
dihadapi adalah relawan yang terbatas dan menurun. Kendala lainnya yaitu belum
adanya dukungan dari pemerintah baik berupa kebijakan atau kerjasama; .3)
Sosialisasi dan penggalangan dana merupakan cara yang tepat untuk menciptakan
perubahan sosial.
Pada akhimya dapat disimpulkan bahwa kesuksesan acara Shave for Hope
erat kaitannya dengan strategi komunikasi pemasaran sosial melalui beragam
bauran promosi yang sangat gencar dilakukan.
No copy data
No other version available