Analisis news Slant Pada Surat Kabar Dan Variabel Fundamental Serta Pengaruhnya Pada nilai Perusahaan : Studi Slant Pada Surat Kabar Dan Variabel Fundamental Perusahaan Yang Beriklan Pada Surat Kabar Serta Pengaruhnya Pada Nilai Perusahaan
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh media slant dan variabel
fundamental dengan variabel return on asset (ROA), total asset turnover (TATO)
dan debt to equity (DER) terhadap nilai perusahaan yang direpresentasikan oleh
earning per share.
Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan
kriteria (1) berita surat kabar dengan pembaca terbanyak dan (2) perusahaan yang
beriklan di surat kabar tersebut, serta terdaftar di pasar modal Indonesia. Data
diperoleh berdasarkan portal online surat kabar dan laporan keuangan publikasi
IDX dengan rentang waktu dari tahun 2012 hingga 2014 dalam satuan triwulan.
Diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 perusahaan dari seluruh perusahaan yang
terdaftar di BEl serta memasang iklan di surat kabar yang dijadikan sampel.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis
menggunakan Uji Chow, Hausman, F hitung, dan t hitung untuk menguji
keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Serta
uji korelasi dan determinasi.
Berdasarkan hasil pengujian spesifikasi model, menunjukkan bahwa
model yang paling cocok untuk penelitian adalahfixed effect. Untuk uji bersama
atau F hitung, media slant dan variabel fundamental yakni ROA, T ATO, dan DER
terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pengiklan. Sementara
secara parsial, media slant, ROA, dan DER secara signifikan berpengaruh
terhadap nilai perusahaan pengiklan dari 2012 hingga 2014 pada level of
significance kurang dari 5%. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut
terhadap return saham sebesar 69,5%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media massa sangat berperan
dalam perkembangan suatu perusahaan, namun tentunya dalam pemberitaan yang
positif. Media tentunya apabila dimanfaatkan dapat menjadi suatu alat yang
efektif dalam menyebarkan pesan secara serempak kepada khalayak. Apabila
perusahaan menggunakannya secara efektif maka media ini akan mampu
membangun nilai perusahaan. selain itu, tetap terbukti bahwa nilai ROA, TA TO,
dan DER adalah merupakan komponen utama dalam membentuk nilai perusahaan
dan merupakan aliran dana perusahaan.
No copy data
No other version available