Pengaruh Kualitas Jasa, Citra Perusahaan Dan Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Keputusan Pengambilan Produk Kredit Mikro
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa, citra
perusahaan dan tingkat suku bunga kredit terhadap keputusan pengambilan kredit
mikro studi kasus pada Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya Bandung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif. Sampel yang
digunakan 110 nasabah dari delapan kantor cabang BPR KS yang memiliki divisi
kredit mikro di Bandung. Uji Hipotesis dengan menggunakan Structural Equation
Model (SEM) untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa, citra perusahaan dan
tingkat suku bunga kredit terhadap keputusan pengambilan kredit mikro baik
secara parsial maupun secara simultan.
Hasil pengujian model menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan
baik simulan maupun parsial, secara parsial adanya pengaruh positif dan
signifikan antara kualitas jasa dan citra perusahaan terhadap pengambilan kredit
mikro, sedangkan untuk suku bunga memiliki pengaruh negatif atau berlawanan
terhadap keputusan pengambilan kredit mikro. Hasil penelitian juga menjelaskan
bahwa pentingnya memperhatikan faktor dominan sebagai pembentuk variabeI.
Faktor kualitas jasa sangat dipengaruhi oleh dimensi assurance,dan
responsiveness sedangkan untuk citra perusahaan dimensi organisational
assocation. Variabel laten terserbut paling dominan mempengaruhi keputusan
pengambilan kredit mikro, sehingga hal ini menjadi point penting yang harus
diperhatikan pihak manajemen. Variabel laten tingkat suku bunga yang diinginkan
menjadi faktor pembentuk Tingkat Suku bunga oleh karena itu manajemen harus
lebih peka terhadap tingkat suku bunga, karena nasabah sensitif terhadap bunga.
Hasil penelitian ini menjelaskan dimensi-dimensi diatas jika dikelola dengan baik
dan terus menerus ditingkatkan akan menjadi nilai keunggulan bersaing, superior
dan excellence.
Untuk pengembangan penelitian berikutnya dapat dilakukan dengan
variabel yang sama di daerah yang lingkungan dan budaya memiliki karakteristik
yang berbeda atau perubahan variabel dimana variabel loyalitas dan variabel
customer relationship management dapat dikembangkan pada model penelitian di
masa mendatang.
No copy data
No other version available