Rancangan program pelatihan working memory untuk penguasaan basic facts perkalian pada siswa SD elas IV
Lukna Harini, 2014. Rancangan Program Pelatihan Working Memory untuk
penguasaan Basic Facts perkalian pada Siswa SD Kelas IV
Konselor
Pembimbing: Dr. Hj. Hendriati Ahustiani, Msi & Dr. Hj. Indun Lestari Setyono,
M.Psi
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas dari intervensi berupa
rancangan program pelatihan working memory untuk penguasaan basic facts pada
siswa SD kelas 4
Pelatihan dibuat dengan mengacu pada konsep teori working memory dari
Margaret W Matlin dan konsep basic facts dari Reys, Robert E; Lindquist, Mary
M; Lambdin, Diana V & Smith, Nancy L. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4
SDI (X) Bekasi, berjumlah 7 orang ( 4 laki-laki dan 3 perempuan)
Working memory adalah kemampuan untuk mengingat seketika materi yang
diperlukan untuk menyelesaikan materi yang sedang diproses dan
mengkoordinasikan aktivitas mental yang sedang berlangsung, dan pada siswa
berkorelasi dengan prestasi sekolahnya.
Pengoperasian angka seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
yang disebut basic facts merupakan materi yang sudah harus dipahami, dikuasai
dan diingat (mastery of basic facts) oleh siswa kelas 4 agar dapat menyelesaikan
berbagai persoalan matematika.
Program pelatihan disusun dan dikembangkan dengan mengacu pada kesulitan
siswa menyelesaikan soal-soal matematika pecahan. Untuk bisa menyelesaikan
persoalan pecahan, maka siswa harus sudah menguasai basic facts perkalian.
Penelitian 1111 menggunakan metoda penelitian Single-sub jest (small-n)
Experimental Design dengan rancangan one group pretest post test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam ketepatan dan
kecepatan menyelesaikan soal-soal perkalian setelah pelathan yang berarti siswa
mampu menguasai basic fact perkalian
No copy data
No other version available