Pengaruh pelaksanaan bauran pemasaran jasa terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menginap di Prama Grand Preanger hotel Bandung
Penelitian ini dilatarbelakangi tingkat persaingan yang tinggi di antara hotel
berbintang di Kota Bandung, sehingga rnenuntut setiap hotel rnerniliki strategi
pemasaran yang tepat dalarn mempengaruhi keputusan konsurnen. Penelitian ini
bertujuan untuk rnenguji seberapa besar pengaruh pelaksanaan bauran pemasaran
jasa terhadap pengarnbilan keputusan konsumen untuk menginap di Grand
Preanger Hotel Bandung.
Metode yang digunakan adalah survey eksplanatori. Teknik pengurnpulan
data dilakukan secara prirner dan sekunder, dengan kuesioner sebagai instrurnen
utama pengurnpul data. Responden dalarn penelitian ini berjurnlah 63 orang yaitu
tamu yang sedang rnenginap di Grand Hotel Preanger, yang ditentukan
berdasarkan teknik judgment sampling. Teknik analisa data yang digunakan
adalah path analysis, dengan rnenggunakan software statistik SPSS Series 17 For
Windows.
Berdasarkan hasil pengolahan data, pelaksanaan bauran pemasaran jasa pada
Grand Hotel Preanger secara urn urn berada dalarn kategori yang cukup baik,
dengan rata-rata skor total adalah 205,8 atau 65,33% dari skor ideal. Proses
pengarnbilan keputusan rnenginap responden terhadap Grand Hotel Preanger
termasuk ke dalarn kategori cukup baik, dengan rata - rata skor total yang dicapai
adalah 204, atau rnencapai 63,17% dari skor ideal. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis, secara sirnultan seluruh variabel bebas yaitu Product, Price, Place,
Promotion, People, Physical Evidence dan Process berpengaruh signifikan
terhadap pengarnbilan keputusan konsurnen untuk rnenginap, dengan total
pengaruh sebesar 98,14%. Secara parsial, variabel Product, Place, Promotion,
Physical Evidence dan Process berpengaruh signifikan terhadap proses
pengambilan keputusan konsurnen untuk rnenginap, sedangkan variabel Price dan
People rnemiliki pengaruh tetapi tidak signifikan. Secara langsung rnaupun tidak
langsung, variabel place memiliki pengaruh paling besar terhadap proses
pengambilan keputusan konsurnen untuk rnenginap, sedangkan harga (price)
memiliki pengaruh paling kecil.
No copy data
No other version available