Komunikasi interpersonal dan manajemen kerelasian pelanggan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan speedy pada plasa Telkom BSD
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh secara
simultan dan parsial antara komunikasi interpersonal dan manajemen kerelasian
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Speedy pada Plasa Telkom BSD.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk mengetahui nilai
variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan
variabel lain dan verifikatif untuk mengetahui antar dua variabel atau lebih.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Sumber data diperoleh
melalui data primer yang terdiri dari observasi, kuesioner, dan wawancara serta
data sekunder yang terdiri dari internet, laporan tahunan, dan artikel. J umlah
sampel dalam penelitian ini sebesar 95 responden yang merupakan pelanggan
Speedy di Plasa Telkom BSD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi komunikasi interpersonal
customer service representative Plasa Telkom BSD yaitu empati (empathy),
dukungan (supportiveness), dan rasa positif (positiveness) dinilai mampu atau
baik oleh pelanggan. Dimensi manajemen kerelasian pelanggan yaitu continuity
marketing, one to one marketing, dan partnering program dinilai baik oleh
pelanggan. Dan dimensi loyalitas pelanggan yaitu purchase a cross product lines,
retention, dan referrals dinilai cukup tinggi oleh pelanggan.
Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan melalui analisa jalur (path
analysis) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi antara komnikasi
interpersonal dan manajemen kerelasian pelanggan terhadap loyalitas pelanggan
Speedy pada Plasa Telkom BSD sebesar 51,9%.
No copy data
No other version available