Pengetahuan merek dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Rabbani Asysa di Bandung
Jessy Laurensia, Pengetahuan merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas
pelanggan Pad a CV Rabbani Asysa di Bandung, di bawah bimbingan Prof. Dr.
Sucherly, SE, MS, clan Dr. Hj. Yevis Marty Oesman, SE., MP.
Ketatnya persaingan usaha busana muslim di Bandung bisa berdampak pada
kerentanan terhadap tingkat loyalitas pelanggan. Setiap pengusaha berupaya
memposisikan merek usahanya di benak konsumen mereka kenal dengan
pengetahuan merek, dan berusaha memberikan nilai pelanggan yang lebih baik dari
pesaingnya. Permasalahan yang dihadapi oleh CV Rabbani Asysa ditunjukkan
dengan ketatnya persaingan, yang menyebabkan pelanggan sangat mudah untuk
berpindah ke merek lain dan berakibat pada rendahnya tingkat loyalitas pelanggan
terhadap perusahaan. Hal ini bisa terjadi karena pelanggan belum sepenuhnya
mengetahui serta memahami merek perusahaan. Seiain itu, niiai peianggan yang
dirasakan juga belum memenuhi harapan pe1anggan. Untuk memposisikan merek di
benak pelanggan clan memperoleh keunggulan dalam persaingan, perusahaan
sebaiknya mengetahui seberapa dalam pengetahuan merek yang dimiliki oleh
pelanggan, dan terus berupaya memberikan nilai yang lebih kepada mereka.
Tujuan dari pene1itian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pengetahuan
merek yang dimiliki oleh pelanggan dan nilai yang mereka rasakan, terhadap tingkat
loyalitas pelanggan, baik secara simultan dan parsial.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian
descriptive survey dan causal explanatory. Data pene1itian diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan pembagian kuesioner. Hasil pengumpulan data dengan
sumber primer diperoleh dari jumlah sampel sebanyak 100 responden, Metode
analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Dari hasil pene1itian, diperoleh hasil bahwa pengetahuan merek dan nilai
pelanggan secara simultan memberi pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan
sebesar 54,3%. Sedangkan secara parsial, pengetahuan merek memberikan pengaruh
positif terhadap loyalitas sebesar 36,5%. Se1ain itu, secara parsial nilai pelanggan
juga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan sebesar 3,4%.
Penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan merek memiliki pengaruh
yang lebih besar daripada nilai pelanggan. Oleh sebab itu, hendaknya pengetahuan
merek tetap dijaga dan terns ditingkatkan. Di si si lain, nilai pelanggan sebaiknya
dievaluasi dengan selalu memperhatikan opini yang diberikan oleh pe1anggan, guna
meningkatkan kemaiuan dan keuntungan perusahaan, Sehingga pernsahaan dapat
mengungguli persaingan dengan para pengusaha busana muslim lainnya yang ada di
No copy data
No other version available