Pengaruh strategi kumunikasi perusahaan dan kreasi nilai pelanggan terhadap pembentukan reputasi PT. LEN Industri (Persero)
Abraham Mose, 120820110104, Pengaruh Strategi Komunikasi Perusahaan Dan
Kreasi Nilai Pelanggan Terhadap Pembentukan Reputasi PT Len Industri
(PERSERO), Prof. Dr. Sucherly, SE., MS clan Ir. Yogi Suherman, ST., MM
PT Len Industri (Persero) berencana melakukan Initial Public Offering (IPa) pada
tahun 2015 dan untuk itu, reputasi perusahaan menjadi salah satu kunci
keberhasilannya. Perusahaan ini belum dikenal oleh para stakeholder yang nantinya
akan menjadi shareholder. Dampak dari kondisi ini adalah dikhawatirkan rencana
strategis manajemen melakukan Initial Public Offering tidak akan berjalan dengan
rencana. Hal ini diduga berhubungan dengan strategi komunikasi perusahaan yang
sudah dijalankan oleh manajemen dan kreasi nilai pelanggan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan mengkaji Strategi komunikasi perusahaan, kreasi nilai
pelanggan, reputasi dan pengaruh strategi komunikasi dan kreasi nilai pelanggan
terhadap reputasi PT Len Industri (persero) baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode pene1itian survai
deskriptif dan eksplanatori dengan menggunakan teknik simple random sampling
untuk menarik sampel. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 55 reponden.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan,
observasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah
analisis jalur. Penelitian menunjukkan strategi komunikasi perusahaan ditanggapi
responden cukup mengetahui visi, misi dan rencana IPa perusahaan. Selain itu,
mereka mengetahui distribusi, budaya perusahaan, strategi dan kebijakan perusahaan
serta kelangkaan energi. Promosi ditanggapi menarik oleh responden. Tanggapan
lainnya adalah responden sangat mengetahui produk dan harga dari masing-masing
produk yang mereka beli. Kreasi nilai pelanggan adalah Responden merasakan
manfaat atas produk dan citra produk, kemudian pegawai dianggap ramah dan
layanan sudah baik. Harga ditanggapi cukup murah, cepat mendapatkan produk serta
pengorbanan energi dan psikologi dianggap rendah. Reputasi perusahaan adalah
responden setuju bahwa karyawan PT Len Industri (Persero) memiliki keterampilan
dalam melayani dan manajemen jujur menyampaikan harga produk. Selain itu,
responden sangat setuju bahwa produk yang mereka terima sesuai dengan yang
ditawarkan, manajemen memiliki kemampuan dalam mengelola perusahaan,
perusahaan memiliki tanggung jawab moral terhadap produk yang dijual, peduli pada
lingkungan alam dan masyarakat, jujur dalam menyampaikan produk dan harga,
kondisi perusahaan dan promosi, Perusahaan memiliki teknologi yang tepat dan
menguasai produk dengan baik. Strategi komunikasi perusahaan clan kreasi nilai
pelanggan berpengaruh terhadap pembentuk reputasi PT Len Industri (Persero )
sebesar 53,7%. Adapun pengaruh secara parsial adalah strategi komunikasi
perusahaan terhadap reputasi perusahaan sebesarĀ· 47,2 %. Adapun kreasi nilai
pelanggan tidak mempengaruhi reputasi secara siginfikan karena hanya sebesar 5,1%.
No copy data
No other version available