Studi komparatif pada smartphone iphone dan samsung galaxis s series di tinjau dari atribut produk dan harga dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen
Banyaknya produk-produk smartphone yang menawarkan berbagai fasilitas
fasilitas lengkap dan menarik, menjadikan masyarakat tertarik untuk membeli dan
selalu mengikuti arah perkembangan media teknologi komunikasi yang canggih.
iPhone dan Samsung Galaxy S Series adalah dua model smartphone yang kini
menguasai pasar dan sangat digemari oleh masyarakat. Fitur yang ditawarkan
kedua merek smartphone tersebut sangat mirip, namun harga yang ditawarkan
cukup jauh berbeda. Persaingan pun terjadi di antara dua merek Smartphone
terkemuka ini. Sehingga timbul pertanyaan bagaimana perbandingan smartphone
il'hone dan Samsung Galaxy S Series ditinjau dari atribut produk dan harga dapat
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pada penelitian ini telah
dilakukan analisis studi komparatif smart phone il'hone dan Samsung Galaxy S
Series ditinjau dari atribut produk dan harga dapat mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengidentifikasi
perbandingan kedua Smart phone tersebut ditinjau dari atribut produk dan harga
sehingga terjadi keputusan pembelian konsumen. Populasi pada penelitian ini
berjumlah 100 konsumen Istana Bandung Electronic Center yang akan membeli
iPhone dan Samsung Galaxy S Series dengan dengan hanya menyebar 10 lembar
kuesioner setiap harinya. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis regresi dan uji beda dengan menggunakan SPSS 16.0.
Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat
valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian regresi nilai sig. atribut
produk dan harga iPhone dan Samsung Galaxy S Series lebih keciI dari niIai u, hal
ini menunjukkan bahwa tedapat pengaruh atribut produk dan harga terhadap
proses keputusan pembelian il'hone dan Samsung Galaxy S Series. Secara
keseluruhan, atribut produk il'hone lebih ungguI dari pada Samsung Galaxy S
Series, sedangkan harga Samsung Galaxy S Series lebih unggul dari pada iPhone,
yang berarti bahwa konsumen lebih mcmilih iPhone berdasarkan atribut
produknya dan Samsung Galaxy S Series berdasarkan harganya. Hal ini terlihat
dari nilai mean iPhone yang lebih positif dari Samsung Galaxy S Series, serta
terbukti terdapat perbedaan keputusan pembelian antara il'hone dan Samsung
Galaxy S Series.
No copy data
No other version available