Pengaruh service qualtity dan brand equity terhadap proses keputusan pembelian listrikpintar di Kota Bandung dan Cimahi
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kinerja service
quality (kualitas layanan), brand equity (ekuitas merek) dan proses keputusan
pembelian, serta pengaruh service quality dan brand equity terhadap proses
keputusan pembelian Listrik Pintar, baik secara simultan maupun parsial. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif
dengan dengan analisis deskriptif dan verifikatif, serta metode survei digunakan
dalam teknik pengumpulan data. Penelitian dilakukan di area Disrtribusi Jawa
Barat dan Banten, dengan sampel kota Bandung dan Cimahi. Responden
penelitian merupakan pelanggan Listrik Pintar untuk kebutuhan rumah tangga
yang bermigrasi dari listrik pasca bayar, maupun yang melakukan pasang barn
dengan jumlah 100 orang.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah kinerja service quality yang
memuaskan, namun memiliki kekurangan di beberapa dimensi yakni reliability
(keandalan), responsiveness (respon pelayanan), dan empathy (empati). Penelitian
ini juga menemukan bahwa band equity dirasakan tinggi oleh pelanggan
meskipun memiliki kekurangan pada brand image dalam indikator type of brand
association citra atribut tarif, Proses keputusan pembelian dirasakan tepat oleh
pelanggan dan Terdapat pengaruh dari service quality dan brand equity terhadap
proses keputusan pembelian, baik secara simultan maupun parsial. Berdasarkan
hasil penelitian perusahaan perlu menerapkan komunikasi pemasaran dan promosi
dalam meningkatkan jumlah pelangan.
Batasan pada penelitian ini adalah pengukuran service quality dengan
servqual belum dapat mengukur lebih dalam mengenai tingkat kesesuaian dengan
harapan pelanggan. Responden penelitian terbatas pada pelanggan Listrik Pintar
untuk kebutuhan rumah tangga belum menggambarkan keseluruhan pelanggan
listrik. Tarif yang diteliti sebatas citra atribut dari non product related atribut
merupakan salah satu ukuran dari indikator brand image.
No copy data
No other version available