Peran Persepsi Tentang Budaya Organisasi Terhadap Work Engagement Dalam Upaya Meningkatkan Performa Kerja Karyawan Di PT. Starline
Sebagai sebuah perusahaan besar yang berasal dari sebuah perusahaan keluarga, PT.
tarline memiliki nilai nilai tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan lain. Di
samping itu, kemajuan perusahaan juga di dukung oleh bagaimana karyawan yang ada di
dalamnya memiliki kondisi positif terhadap pekerjaannya. Budaya organisasi merupakan
salah satu faktor yang memiliki peran tertentu pada kondisi pegawai dalam melakukan
tugasnya sekaligus sebagai representasi pola yang kompleks dari sistem kepercayaan,
harapan, ide, nilai, sikap, dan perilaku yang saling ditularkan oleh anggota organisasi dari
waktu ke waktu. Kondisi positif karyawan dalam melakukan tugasnya disebut dengan istilah
work engagement, yang didefinisikan sebagai pemyataan dari pemikiran yang positif dan
terpenuhi berkaitan dengan pekerjaan, yang dicirikan dengan vigor, dedication, dan
absorption.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran persepsi tentang
budaya organisasi terhadap Work engagement karyawan di PT. Starline. Jumlah subjek
penelitian adalah sebanyak 70 orang dengan menggunakan teknik proportional random
sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Budaya
Organisasi (51 item, a=0,950) dan Skala Work engagement (24 item, a=0,917). Skala ini
menggunakan skala ordinal dan analisis statistiknya menggunakan SPSS versi 17.0.
Hasil analisis data dengan metode analisis regresi linier sedehana mendapatkan thitung
untuk variabcl Budaya organisasi adalah sebesar 4,904, sedangkan nilai ttabe1 pada tingkat
signifikansi sebesar 5% dan derajat bebas sebesar 68. Untuk pengujian dua pihak adalah
sebesar 2,292. Kemudian nilai p-value adalah 0,000 dengan keadaan (?
No copy data
No other version available