Text
Strategi Pengelolaan Media Informasi Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan di Museum Mohammad Hoesni Thamrin Jakarta Pusat
ABSTRAK
Dalam judul tesis penulis " Strategi Pengelolaan Media Informasi dalam
Upaya Peningkatan Kunjungan di Museum Mohammad Hoesni Thamrin Jakarta
Pusat ", menjelaskan tentang media informasi di Museum MHT yang belum
dikelola secara professional oleh pihak pengelola Museum MHT, di sisi lain
lokasi temp at dari Museum MHT itu serta jalan yang dilalui juga sebagai
penyebab dari salah satu permasalahan yang lain, yang mengakibatkan minimnya
jumlah pengunjung yang datang ke Museum MHT.
Pihak pengelola Museum MHT khususnya pada masa kepemimpinan
Setia Gunawan. Dalam rangka memperluas akses wilayah museum, sudah
melakukan tindakan pembebasan tanah sekitar Museum MHT dengan pemilik
tanah sesuai NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak), namun sayangnya hal itu tidak
diteruskan lagi setelah masa kepemimpinan beliau berakhir. Sebenarnya apabila
perluasan lahan itu diteruskan, maka kemungkinan besar permasalahan mengenai
akses jalan dengan sendirinya akan teratasi, dan para pengunjung akan lebih
mudah mendatangi Museum MHT. permasalahan lainnya yaitu SDMnya yang
masih harus dibenahi, diperlukan banyak pelatihan dasar dan kejuruan agar dapat
mewujudkan SDM yang trampil, penuh dengan dedikasi yang tinggi dan
professional kerja yang dapat diandalkan.
Penulis menggunakan metode kualitatif dalam penulisan tesis ini, dengan
penggunaan teori-teori penunjang sebagai landasan penelitian ini. Metode
kualitatif dari J.Moleong dirasakan sesuai dengan permasalahan yang terjadi di
Museum MHT, selain itu dalam penelitian metode kualitatif menggunakan
pengamatan, pemanfaatan dokumen, dan wawancara, karena penelitian kualitatif
dapat memberikan rincian yang lebih kompleks tentang fenomena di lapangan.
Kata Kunci : pengelolaan, lokasi, akses, SDM, metode kualitatif
No copy data
No other version available