analisis pengembangan kreativitas dan inovasi dalam peningkatan kualitas layanan perbankan (studi kasus pada bank X cabang Y)
Pengembangan kreativitas dan inovasi di bidang perbankan diharapkan
mendukung pada peningkatan kualitas layanan. Penelitian ini didasarkan pada analisis
kualitatif dengan metode deskriptif untuk menganalisis dan menjelaskan pengembangan
kreativitas dan inovasi serta peningkatan kualitas layanan melalui penerapan program
SMART SOLUTION sebagai pedoman layanan di PT Bank X Cabang Y yang dilakukan
dengan pengamatan dan wawancara langsung pada semua staf . Hasil penelitian
mengungkapkan kreativitas dan inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan berkembang
dengan penerapan standar layanan SMART menjadi panduan layanan SMART
SOLUTION dengan pendekatan teori proses kreativitas dengan mengungkapkan ide barn
dengan mengetahui masalah pokok, dampak, dan penyebab kondisi di setiap unit kerja.
Pendekatan teori tahap proses inovasi dengan pengajuan gagasan, evaluasi, pengembangan
dan implementasi untuk menghasilkan ide kreatifyang dapat menjadi sebuah inovasi, serta
penerapan konsep pedoman layanan sebagai upaya peningkatan kualitas layanan secara
konsisten. Kualitas layanan dengan dimensi kualitas layanan, yaitu reliabilitas, daya
tanggap, empati, jaminan, dan bukti fisik pada umurnnya meningkat dengan peningkatan
hasil kinerja dari tahun 2011 ke tahun 2012, sehingga penerapan SMART SOLUTION di
PT Bank X Cabang Y perlu dilanjutkan secara berkesinambungan.
No copy data
No other version available