strategi komunikasi dalam kegiatan "sail indonesia 2010"
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi dalam Kegiatan Sail Indonesia 2010.
Sail Indonesia merupakan event wisata bahari berskala Internasional. Sudah dari
tahun 2007-2010 Sail Indonesia terselenggara di Kabupaten Belitung. Untuk itu
Pemerintah Kabupaten Belitung menyerahkan tanggung jawab event ini pada
bagian Humas. Dimana Humas merupakan ujung tombak dari sebuah
organisasi/perusahaan atau pemerintahan. Humas pemerintah merupakan suatu
keharusan fungsional dalam rangka tugas penyebaran informasi dan kebijakan,
program dan kegiatan-kegiatan lembaga pemerintahan serta kepada masyarakat.
Strategi komunikasi dari Humas Pemerintah Kabupaten Belitung mampu
membawa Belitung pada Sail Wakatobi Belitung di tahun 2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Studi kasus digunakan dalampenelitian ini karena peneliti melihat
adanya hal menarik, dim ana sudah 4 tahun berturut-turut Humas ditunjuk sebagai
leading sector dalam event berskala International ini. Tentunya kepercayaan ini
tidak terlepas dari strategi yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Kabupaten
Belitung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan
observasi. Peneliti menggunakan beberapa teori, diantaranya adalah Teori
Fenomenologi, Teori Interaksi Simbolik dan Teori Informasi Organisasi.
Inforrnan dari penelitian ini adalah Kabag Humas, Kasubbag Hubungan Lembaga,
Kasubbag Pers dan Peliputan serta 5 staf Humas yang terIibat aktif dalam Sail
Indonesia 2010.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang dilakukan oleh Humas
dengan sesama panitia dalam event Sail Indonesia terIaksana dengan lancar.
Begitupun dengan pemaknaan akan Sail Indonesia itu sendiri, anggota Humas
memiliki pemaknaan yang sama. Mereka memaknai Sail Indonesia sebagai media
promosi wisata bahari untuk Belitung.
'Daft h~~i3I1 didapatkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh
Humas Pemerintah Kabupaten Belitung telah efektif. Strategi dilakukan
semaksimal mungkin dengan memanfaatkan segala peluang, khususnya melalui
media cetak ataupun elektomik. Kerja sama denganpihak pers juga merupakan
strategi Humas untuk mensukseskan Sail Indonesia. Selain itu penyebaran melalui
website, bulletin, booklet, selebaran dan pamflet serta baliho juga menjadi pilihan
untuk Humas dalam menyebarkan informasi. Humas tidak menemukan kendala
yang begitu berarti karena Humas selalu belajar dari pengalamannya selama 3
tahun kebelakang.
No copy data
No other version available