Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Pencitraan Pasien Mengenai Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja (Survei Eksplanatori Mengenai Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Pencitraan Pasien Mengenai Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja melalui Risiko, Kualitas Jasa, dan Posisi Jasa yang di Terima Pasien Periode Juni-September 2011 di Kota Bandung
ABS'IRAK
PRIMA MULYASARI AGUSTINI, Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa terhadap Pencitraan Pasien MengenaiRumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja(Survei Eksplanatori mengenai Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa terhadap PencitraanPasienNlengenaiRumah Sakit Bersalin Emma PoeradiredjaMelaluiResiko,Kualitas Jasa, clan Posisi Jasa yang Diterima Pasien Periode Juni- September 2011 di Kota Bandung), di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Nina WinangsihSyam, MS, sebagai Ketua Tim Promotor, Prof. H. DeddyMulyana, MA., Ph.D, sebagaiAnggota Tim Promotor, dan Dr. Hj. Betty. R. F. Sabur, MS, selakuAnggota Tim Promotor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuidanmenganalisis: (1) pengaruh komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja terhadap resiko yang diterima pasien (2) pengaruh komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja terhadap kualitas jasa yang diterima pasien, dan (3) pengaruh komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja terhadap posisi jasa pada pasien.Objek penelitian ini adalah RumahSakitBersalin Emma Poeradiredja di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode surveieksplanatori. Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Metode verifikatif dengan menggunakan structure equation modeling (SEM). Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini, mengindikasikan
komunikasip em as aranj asarum ahsakitbersal n yang dinilai
palingtinggiadalahkemampuanpihakrumahsakitbesalindalammenyediakanfasilitas eksteriordan interior. Resiko yang diterimapasien yang dinilai paling tinggi ad al aht i ngkatkesed i aanu ntukmeneri mares ikopad ad iri sendi ri secarafi s ikakib a tpenggunaanjasarumahsakitbersalin.Kualitasjasa yang diterimapasien yang dinilai paling tinggiadalahtingkatkelayakanperalatandanteknologi yang digunakan,
fasilitasfisikdansaranapenunjang yang tersedia,
tingkatkebersihanruangandangedung,
d anti ngkatkerapihanp etugasmedisd anp etugasl ainnya.Posisij as ap ad apa si en yang
dinilai paling tinggiadalahtingkatkelayakanharga yang
ditawarkanrumahsakitb ersal in. An al isi sdenganmenggunakanSEM,
mengindikasikanbahwa (1) komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredjaberpengaruh terhadap resiko yang diterima pasien, (2) komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredjaberpengaruh terhadap kualitas jasa yang diterima pasien, dan (3) komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredjaberpengaruh terhadap posisi jasa pada pasien, baik secara simultan maupun parsial. Dengan demikian, komunikasi pemasaran jasa berpengaruh terhadap pencitraan pasienmengenai Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja
Kata kunci : komunikasipemasaranjasa, pencitraanpasien, resiko yang diterima, kualitasjasa yang diterima, posisijasa.
No copy data
No other version available