Pengaruh Kompetensi Tenaga Kependidikan Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat
Fenomena yang dijadikan obyek penelitian adalah kualitas pelayanan
pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat yang
teridentifikasi belum optimal, dan korelasinya dengan masalah kompetensi tenaga
kependidikan. Tujuan penelitian adalah memperoleh konsep baru bagi
pengembangan ilmu pengetahuan terutama pengembangan Ilmu Pemerintahan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan
dengan pendekatan survey sample. Sampel penelitian sebanyak 344 responden
diambil dari populasi sebanyak 26.159 orang dengan menggunakan power
analyisis. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesioner
penelitian dan observasi. Analisis data menggunakan Analisis SEM (Structural
Equation Model Analysis).
Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa
kompetensi tenaga kependidikan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan
pendidikan pada SD Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat. Besamya
pengaruh kompetensi tenaga kependidikan terhadap kualitas pelayanan
pendidikan pada SD Negeri ditentukan oleh motives, traits, self-concept,
knowledge, dan Skills. Adanya pengaruh tersebut menunjukkan bahwa di antara
kompetensi dengan kualitas pelayanan pendidikan tersebut terjalin suatu
hubungan kausalitas yang bermakna bahwa apabila kompetensi tenaga
kependidikan ditingkatkan atau meningkat maka secara stimulan peningkatan
terse but diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan. Dengan
demikian kualitas pelayanan pendidikan pada SD Negeri di Kota Administrasi
Jakarta Pusat dapat ditingkat dengan meningkatkan kompetensi tenaga
kependidikan. Dari hasil pengukuran keeratan hubungan variabel-variabel manifes
pada variabel letan eksogen kompetensi tenaga kependidikan diketahui bahwa
kontribusi keeratan hubungan variabel manifes yang paling besar dalam proses
pembentukan pengaruh kompetensi tenaga kependidikan terhadap kualitas
pelayanan pendidikan pada SD Negeri adalah variabel-variabel teramati yang
terkonstruksi pada dimensi knowledge. Variabel-variabel teramati (indikator) yang
dimaksud adalah pemahaman kebijakan pendidikan, pemahaman manajemen
pendidikan, pengetahuan sumberdaya pendidikan dan penguasaan teknologi
pendidikan.
No copy data
No other version available