Pengaruh Restrukturiisasi Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Sertifikat Tanah Di Kantor Pertahanahan Kota Depok
Pemerintah berkewajiban untuk memberikan pelayanan kepada publik.
Masyarakat kini menuntut kualitas pelayanan yang mereka terima dari aparatur
birokrasi. Artinya, berkaitan dengan pelayanan yang harus diberikan pemerintah
dituntut untuk adaptif terhadap perubahan dan tuntutan masyarakat. Untuk hal
terse but restrukturisasi organisasi adalah salah satu langkah yang dilakukan guna
menjawab perkembangan yang terjadi di masyarakat. Salah satu pelayanan urn urn
yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat adalah pelayanan di bidang
pertanahan.
Penelitian ini bertujuan untuk rnenganalisis mengenai restrukturisasi
organisasi yang dikaitkan dengan kualitas pelayanan pertanahan di Kantor
Pertanahan Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif. Restruktuisasi organisasi dikaji dengan menggunakan teori
Robbins yaitu melalui dimensi spesialisasi kerja, departernentalisasi, rantai
komando, rentang kendali, sentralisasiJ desentralisasi dan fomalisasi. Sedangkan
kajian kualitas pelayanan menggunakan teori dari Denhardt dan Denhardt
meliputi aspek ketepatan, keamanan, keandalan, perhatian pribadi, pendekatan
pemecahan masalah, keadilan, tanggung jawab keuangan, dan pengaruh
masyarakat.
Pengumpulan data dilakukan dengan rnenyebarkan angket terhadap
responden yang telah ditentukan dengan rnenggunakan teknik sensus, serta
pengumpulan data-data dari berbagai sumber guna menjawab pertanyaan
penelitian. Untuk keabsahan data digunakan uji validitas dan reliabilitas data.
Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan menggunakan
Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
restrukturisasi organisasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Hal ini
tercermin dari nilai koefisin pada masing-masing dirnensi variabel bebas terhadap
variabel terikat. Dimensi rantai komando rnerupakan dimensi dengan pengaruh
yang paling rendah sedangkan dimensi rentang kendali rnerupakan dirnensi
dengan pengaruh yang paling kuat. Hasil ini menunjukkan bahwa sehrruh dirnensi
yang diteliti memiliki pengaruh yang kuat terhadap variabel kualitas pelayanan.
No copy data
No other version available