strategi komunikasi pemasaran pt. cipaganti dalam meningkatkan kepariwisataan di jawa barat
Ina Veronika Ginting. NPM : 210220090010. Judul penelitian "Strategi Komunikasi
Pemasaran PT Cipaganti da/am Meningkatkan Kepariwisataan di Jawa Barat", di bawah
bimbingan Prof. Dr. H. Soleh Soemirat, M.S dan Drs. Dadang Sugiana, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui strategi khalayak sasaran di PT. Cipaganti
dalam meningkatkan kepariwisataan di Jawa Barat. 2) Mengetahui strategi pesan komunikasi
pemasaran yang dipergunakan PT. Cipaganti dalam meningkatkan kepariwisataan Jawa Barat. 3)
Mengetahui strategi media/chanel yang dipergunakan PT. Cipaganti dalam meningkatkan
kepariwisataan di Jawa Barat. 4) Mengetahui strategi efek komunikasi pemasaran di PT.
Cipaganti dalam meningkatkan kepariwisataan di Jawa Barat. 5) Mengetahui strategi komunikasi
pemasaran PT. Cipaganti dalam meningkatkan kepariwisataan di Jawa Barat.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu suatu metode yang bertujuan
untuk menelaah sebanyak mungkin data mengenai kasus atau subjek yang diteliti. Dalam hal ini,
teknik pengumpulan tersebut dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi
dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah Pertama yaitu strategi khalayak sasaran PT. Cipaganti dalam
meningkatkan kepariwisataan yaitu dengan menentukan khalayak sasaran yang pada awalnya
hanya penumpang shuttle, dan sasaran yang dibidik adalah wisatawan domestik dan wisatawan
internasional. Kedua, strategi pesan yang ingin disampaikan oleh Cipaganti adalah dengan
memperkenalkan logo Visit Indonesia Year (VIY) dan Kenali Negerimu Cintai Negerimu
(KNCN) dengan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai pariwisata Indonesia umumnya
dan Jawa Barat khususnya dan menanamkan dalam benak khalayak bahwa apabila ingin
melakukan perjalanan wisata maka mereka akan menggunakan sebagai patner dalam perjalanan
mereka, serta apabila khalayak melihat Cipaganti maka dapat meningkatkan keinginan khalayak
dalam melakuk:an perjalanan wisata. Ketiga, strategi media/channel yang digunakan oleh
Cipaganti yaitu dengan saluran komunikasi pribadi yaitu dengan mouth to mouth dan media lain
berupa media cetak, hubungan masyarakat, Direct Marketing; dan yang paling banyak digunakan
dan dianggap paling efektif adalah dengan out of home media yaitu dengan menggunakan
transportasi bus pariwisata dan mobil shuttle yang dimiliki oleh Cipaganti. Keempat, strategi
efek yang memiliki dampak yang sangat baik bagi Cipaganti. Kelima, strategi komunikasi yang
dilakukan adalah dengan menggunakan differensiasi, marketing mix yaitu dengan selling dengan
cara positioning terhadap khalayak. Keberhasilan strategi komunikasi ini banyak sekali didukung
oleh perencanaan komunikasi pemasaran
No copy data
No other version available