Pemaknaan Logo 200 Tahun kota Bandung Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Logo 200 Tahun Kota Bandung
Logo adalah sebuah simbol yang mengandung banyak arti dan philosofi. Logo 200
Tahun Kota Bandung yang dibuat oleh Achmad Sutarjono mengolaborasikan kota Bandung,
angka 200, dan buriga berwarna magenta. Peneliti ingin mengungkapkan pemaknaan logo
200 tahun Kota Bandung ini, dengan pertanyaan penelitian sebagai berikut: Bagaimana
makna bunga, makna angka, makna bentuk huruf atau fontline penulisan kata Bandung,
makna warna, dan makna tagline "Everlasting Beauty" pada logo 200 Tahun Kota Bandung ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis Semiotika dari Roland
Barthes. Subjek penelitian ini adalah mereka yang berhubungan langsung dalam terpilihnya
logo resmi 200 tahun Kota Bandung. Objek penelitian ini adalah logo ke 200 tahun Hari Jadi
Kota Bandung yang telah resmi dipakai selama perayaan Hari Jadi Kota Bandung ke 200
tahun. Data dikumpulkan dari informan melalui pengamatan di lapangan dan wawancara,
serta untuk melengkapi data ini di dukung pula oleh studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemaknaan dari masing-masing subjek
penelitian memiliki banyak keragaman makna. Berdasarkan dari Theory Meaning of Meaning
yang dipakai, bahwa makna itu ada dalam diri manusia, makna ada bukan dalam kata-kata.
Berdasarkan pemaknaan dari Semiotika Roland Barthes, bahwanya dalam memaknai simbol
yang digunakan pada Logo 200 Tahun Kota Bandung secara denotasi, maka makna yang
didapat adalah makna harfiahnya sehingga terdapat kesamaan makna dari semua
informannya. Berbeda dengan tingakatan kedua yaitu Makna Konotasi atau makna
kiasan,sehingga terjadinya keseragaman makna dari tiap informannya. Dalam memaknai
Logo 200 Tahun Kota Bandung sebagai objek penelitian, masing-masing infonnan memaknai
simbol yang digunakan dengan sudut pandang yang berbeda. Tingkatan terakhir dari
Semiotika Roland Barthes yaitu adanya MythIMitos pada Logo 200 Tahun Kota Bandung
yang dipercaya nilai filosofinya dulu sebagai Bandung Kota Kembang. Hanya Mitos
Bandung Kota Kembang sekarang menjadi lebih modem dan berkembang, sekarang Bandung
juga dikenal sebagai Bandung Kota Pariwisata dan Bandung juga merupakan Kota Kreatif
No copy data
No other version available