Upaya pembentukan budaya organisasi dan penciptaan nilai dalam pengembangan strategi bisnis serta dampaknya pada keunggulan bersaing dan implikasinya pada kinerja bumn di indonesia
Kinerja BUMN yang tinggi dapat dicapai jika ada upaya yang optimal dalam
pembentukan budaya organisasi, melakukan usaha penciptaan nilai bagi pelanggan
sehingga dapat mengimplementasikan strategi bisnis secara tepat,maka akan tercipta
keunggulan bersaing yang tinggi dan berdampak positif terhadap kinerja BUMN.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh upaya
pembentukan budaya organisasi dan penciptaan nilai terhadap strategi bisnis yang
berdampak pada keunggulan bersaing dan implikasinya pada kinerja BUMN.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yakni deskriptif dan
eksplanatori survey. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 139 BUMN di
Indonesia, yang ditentukan dengan teknik sampel yaitu proporsional random
sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan statistika multivariate
dengan alat uji Partial Least Square (PLS). Sedangkan untuk pengolahan data
menggunakan program smartPLS 2.0 dan SPSS versi window.
Hasil penelitian menunjukkan (I) upaya pembentukan budaya organisasi dan
penciptaan nilai berpengaruh terhadap strategi bisnis BUMN secara simultan, dimana
Upaya pembentukan budaya organisasi memiliki pengaruh yang dominan terhadap
strategi bisnis BUMN (2) upaya pembentukan budaya organisasi dan penciptaan
nilai serta strategi bisnis, berpengaruh terhadap keunggulan bersaing BUMN secara
simultan (3) upaya pembentukan budaya organisasi dan penciptaan nilai dengan
strategi bisnis serta keunggulan bersaing, berpengaruh terhadap kinerja BUMN secara
simultan
No copy data
No other version available