Kinerja Komunikasi pemasaran dan kualitas jasa dalam meningkatkan citra perusahaan serta pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan
Dewasa ini persaingan dalam bisnis gadai cukup pesat, hal ini dilihat
dengan banyaknya bermunculan gadai-gadai swasta dan gadai syariah yang
ditawarkan oleh bank pemerintah dan swasta. Untuk itulah Perum Pegadaian
dituntut untuk mempertahankan pelanggan yang ada, dengan cara memahami
keinginan pelanggannya dan menilai seberapa baik kinerja mereka dimata
pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1)
Kinerja komunikasi pemasaran, kualitas layanan, citra perusahaan dan loyalitas
pelanggan; (2) Pengaruh kinerja komunikasi pemasaran dan kualitas layanan
terhadap citra perusahaan baik secara simultan maupun parsial. (3). Pengaruh
kinerja komunikasi pemasaran dan kualitas layanan terhadap Loyalitas Pelanggan
baik secara simultan maupun parsial. (4). Pengaruh citra perusahaan terhadap
loyalitas pelanggan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif & verifikatif. Populasi
sasaran yang diteliti adalah seluruh pelanggan Perum Pegadaian di Provinsi Jawa
Barat. Sampel diambil dengan teknik Stratified sampling dengan ukuran sampel
sebesar 250 pelanggan pada 9 kantor cabang Perum Pegadaian di Jawa Barat.
Model pengaruh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling/SEM
mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan kausal antar variabellaten.
Hasil penelitian ini mempunyai kesesuaian dalam menjelaskan keterkaitan
antar variabel. Diperoleh hasil bahwa Kinerja Komunikasi Pemasaran dan
Kualitas jasa berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap Citra Perusahaan,
di mana pengaruh Kualitas jasa lebih dominan. Kinerja Komunikasi Pemasaran
dan Kualitas jasa berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan, di
mana secara parsial lebih ditentukan oleh Kinerja komunikasi Pemasara. Citra
berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan.
No copy data
No other version available