Text
Strategi Komunikasi Galeri Nasional Indonesia Untuk Meningkatkan Apresiasi Seni Pengunjung
ABSTRAK
Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah museum khusus, yaitu museum
seni rupa. Visi Galeri Nasional Indonesia adalah "Menjadi pusat pelestarian dan
pengembangan karya seni rupa modem dan kontemporer, untuk mewujudkan
masyarakat Indonesia yang kreatif, apresiatif dan memiliki jati diri bangsa di era
globalisasi". Sesuai dengan visi tersebut, salah satu misi dari Galeri Nasional
Indonesia adalah untuk rneningkatkan apresiasi seni pengunjung.
Penulisan tesis berjudul Strategi Komunikasi Galeri Nasional Indonesia
untuk Meningkatkan Apresiasi Seni Pengunjung bertujuan untuk melakukan
perbaikan-perbaikan pada penyusunan strategi komunikasi dengan
penyebarluasan informasi tentang keberadaan Galeri Nasional Indonesia dan
koleksi yang dimilikinya. Penyebarluasan informasi ini merupakan bentuk
komunikasi yang efektif bagi Galeri Nasional Indonesia, namun kondisi faktual
penyebarluasan informasi saat ini belum optimal. Informasi disajikan tanpa
memperhatikan faktor-faktor pendukung penyajian informasi, antara lain sumber
daya manusia pengelola museum, sarana dan prasarana pameran, dan pengunjung
museum.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data
data diperoleh secara deskripsi berupa data primer dan data sekunder. Data
tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dan
kelemahan strategi komunikasi Galeri Nasional Indonesia yang berdampak pada
kurang baiknya penyebarluasan informasi tentang keberadaan Galeri Nasional
Indonesia dan koleksi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan
penyusunan strategi komunikasi yang baik dengan melakukan perbaikan pada
faktor-faktor pendukung penyebarluasan informasi, yaitu peningkatan kuantitas
dan kualitas pengelola museum (sumber daya manusia pengelola museum),
perbaikan pengelolaan informasi, pengadaan ruang pembelajaran, riset terhadap
pengunjung, dan perbaikan sarana dan prasarana pameran.
Katakunci:
Strategi, komunikasi, informasi, apreasiasi seni, dan Galeri Nasionallndonesia.
No copy data
No other version available