Pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial dan dampaknya pada nilai perusahaan
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (l) pengaruh kegiatan tanggung jawab
sosial perusahaan (yang terdiri dari : tanggungjawab sosial kemasyarakatan, tanggung
jawab produk, tanggung jawab ketenagakerjaan dan tanggung jawab lingkungan)
terhadap kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan; (2)
pengaruh kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (yang terdiri dari : tanggung
jawab sosial kemasyarakatan, tanggung jawab produk, tanggung jawab
ketenagakerjaan, tanggung jawab lingkungan) dan kualitas pengungkapan informasi
tanggungjawab sosial perusahaan terhadap nilaiperusahaan.
Populasi target penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik yang terdaftar di
PT. Bursa Efek Indonesia (BEl) yang selama periode 2007-2008 melakukan
pembayaran deviden serta mempublikasikan informasi kegiatan tanggung jawab
sosial perusahaan, dengan jumlah sampel 69 perusahaan. Sumber data primer
diperoleh dari kuesioner untuk mengetahui tingkat pelaksanaan kegiatan tanggung
jawab sosial perusahaan. Sumber data sekunder untuk kualitas pengungkapan
inforrnasi tanggung jawab sosial dan nilai perusahaan diperoleh dari publikasi
perusahaan dan PT. Bursa Efek Indonesia. Pengujian data secara statistik dilakukan
dengan menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis).
Variabel eksogen yaitu tanggung jawab sosial perusahaan diproksi dengan
tingkat kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang diukur dengan kumpulan
nilai atau skor yang diperoleh berdasarkan dimensi aspek praktik pelaksanaan
kegiatan tanggungjawab sosial bidang kemasyarakatan, produk, ketenagakerjaan, dan
lingkungan. Variabel endogen, yaitu variabel kualitas pengungkapan informasi
tanggung jawab sosial perusahaan diukur dengan proksi indeks kualitas
pengungkapan, yaitu jumlah atau kuantitas butir pengungkapan informasi tanggung
jawab sosial perusahaan yang terdapat dalarn laporan tahunan perusahaan ataupun
publikasi perusahaan lainnya dengan mengacu kepada Sustainability Reporting
Guidelines yang dikeluarkan oleh Global Reporting Initiative (GRJ,2006). Variabel
nilai perusahaan diukur dengan penilaian saham perusahaan menggunakan rasio Price
to Book Value.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (l) tanggung jawab kemasyarakatan,
tanggung jawab produk, tanggung jawab ketenagakerjaan dan tanggung jawab
lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pengungkapan
informasi tanggung jawab sosial; (2) tanggung jawab sosial kemasyarakatan,
tanggung jawab produk, tanggung jawab ketenagakerjaan, tanggung jawab
lingkungan dan kualitas pengungkapan informasi tanggung jawab sosial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga
membuktikan bahwa pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan secara
tidak langsung mempengaruhi nilai perusahaan melalui kualitas pengungkapan
informasi tanggungjawab sosial. Adanya pelaksanaan kegiatan tanggungjawab sosial
akan meningkatkan nilai perusahaan jika didukung oleh pengungkapan informasi
kegiatan tanggungjawab sosial yang berkualitas.
No copy data
No other version available