Pengaruh motivasi kerja dan pelatihan pekerti terhadap kinerja dosen dalam bidang pengajaran
Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pelatihan PEKERTI Terhadap Kinerja Dosen
Dalam Bidang Pengajaran (Studi Kasus Mengenai Motivasi Kerja Dan
Kinerja Dosen Berdasarkan Persepsi Mahasiswa UNmO, Jawa Timur)
Keberadaan dosen yang profesional dan berkualitas menjadi hal penting
dalam kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi, karena dosen merupakan
pendidik yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran,
menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta
pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada Tri darma Perguruan Tinggi.
Karakteristik mahasiswa yang berbeda dalam kemampuan menerima dan
memahami pelajaran, mendorong dosen untuk lebih ulet dalam melakukan
pendekatan proses belajar mengajar, sehingga dosen termotivasi untuk lebih
kreatif dalam menyampaikan pelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang
diperoleh dari pelatihan PEKER TI dapat diterapkan dalam melaksanakan kegiatan
belajar mengajar, sehingga kinerja dalam mengajar menjadi lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi kerja dan
pelatihan PEKERTI terhadap kinerja dosen dalam melaksanakan pengajaran di
UNIBO. Teknik sampel yangdigunakan adalah total sampling dengan sampel
sebanyak lima dosen yang telah mengikuti pelatihan PEKER TI. Penelitian ini
juga melibatkan responden dari mahasiswa sebagai pihak yang mengetahui dan
merasakan kinerja dosen, sampel mahasiswa yang digunakan adalah sebanyak 40
mahasiswa.
Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi kerja mempengaruhi kinerja
dosen dalam pelaksanaan pengajaran dengan diperkuat hasil uji korelasi sebesar
0,74. Pelatihan PEKERTI berpengaruh terhadap kinerja dosen dalam pelaksanaan
pengajaran dengan hasil uji statistik sebesar -4,14. Motivasi kerja dan pelatihan
PEKERTI secara bersama-sama tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja
dosen dalam pengajaran, hal ini karena faktor motivasi lebih dominan bagi dosen
dalam melaksanakan tugas pengajaran. Sebanyak 33 mahasiswa menyatakan
kinerja dosen baik.
kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah motivasi kerja
mempengaruhi kinerja dosen dalam melaksanakan pengajaran. motivasi kerja
menjadi faktor dominan pendorong dos en dalam melaksanakan pengajaran.
mahasiswa memberikan respon positif terhadap terhadap kinerja dosen dengan
menyatakan kinerja dosen baik.
No copy data
No other version available