Pengaruh orientasi pasar dan kapabilitas inovasi dalam meningkatkan nilai pelanggan serta dampaknya terhadap keunggulan bersaing perusahaan
Indonesia adalah Negara penghasil tekstil bennotif batik. lni tercermin dari
banyaknya daerah di Indonesia yang menghasilkan tekstil yang bermotif batik.
Adanya Import tekstil yang bermotif batik mengakibatkan meningkatnya persaingan
industri batik di Indonesia. D.I.Yogyakarta adalah salah satu daerah penghasil batik
di Indonesia dan memperoleh dampak persaingan baik antar daerah maupun luar
negeri. Masalah utama yang dihadapi industri batik Y ogya adalah rendahnya nilai
pelanggan industri batik Y ogya, sehingga menurunkan daya saing industri batik
Y ogya. Hal ini disebabkan industri batik Y ogya tidak mampu mengidentifikasi dan
menganalisis perubahan kebutuhan dan keinginan pasar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap penerapan orientasi pasar,
kapabilitas inovasi, nilai pelanggan dan keunggulan bersaing industri batik Y ogya,
untuk mengungkap hubungan orientasi pasar dengan kapabilitas inovasi, untuk
mengungkap besamya pengaruh strategi orientasi pasar dan kapabilitas inovasi
terhadap nilai pelanggan industri batik Y ogya, untuk mengungkap besamya pengaruh
strategi orientasi pasar dan kapabilitas inovasi terhadap keunggulan bersaing, serta
mengungkap besamya pengaruh nilai pelanggan terhadap keunggulan bersaing
industri batik Y ogya.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori survei
dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data primer. Unit analisis dalam penelitian
ini adalah industri batik Yogya. Subjek dalam penelitan ini adalah para pengusaha
industri batik Y ogya. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
analisis SEM dengan program LISREL. Hasil analisis diperoleh bahwa; orientasi
pasar, kapabilitas inovasi dalam kategori rendah, nilai pelanggan secara rata-rata
dalam kategori tinggi, tetapi faktor dominan dalam nilai pelangan masih dalam
kategori rendah dan keunggulan bersaing dalam kategori tidak unggul dibandingkan
dengan batik non Y ogya. Orientasi pasar dengan kapabilitas inovasi mempunyai
hubungan yang positif, orientasi pasar dan kapabilitas inovasi berpengaruh positif
terhadap nilai pelanggan, orientasi pasar, kapabilitas inovasi, dan nilai pelanggan
berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing industri batik Y ogya.
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan keputusan
manajerial dalam upaya mengadakan perubahan-perubahan di organisasi, serta
sebagai bahan referensi guna penelitian lanjutan, khususnya di sektor industri batik.
No copy data
No other version available