Representasi Gaya Hidup Dalam Iklan Kartu Kredit : Kajian Semiotika Roland Barthes mengenai Representasi Gaya Hidup dalam Iklan Kartu Kredit BNI46 di Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung
Penelitian ini berjudul "Representasi Gaya Hidup dalam Iklan Kartu Kredit BNI
di HU Pikiran Rakyat" (Kajian Semiotika Roland Barthes mengenai Representasi
ya Hidup dalam Iklan Kartu Kredit BNI 46 di HU Pikiran Rakyat), disusun oleh Satya
IDdra Karsa di bawah bimbingan Prof Dr. Hj. Mien Hidayat, Dra., MS. dan Dra. Susane
'cia, MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh animo masyarakat dalam mengggunakan
kredit sebagai alat transaksi. Dimana di dalamnya mengandung konsekwensi.
Kartu kredit merupakan alat bantu pembayaran yang lazim disebagian masyarakat
kita bahkan kecenderungan mereka melihat bahwa kartu kredit sudah merupakan gaya
idup. Banyak pihak tertarik dengan kartu kredit ini karena iklan (promosi). Iklan sebagai
sarana pemasaran produk atau jasa harus mampu tampil menarik dan persuasif
erkembangan iklan dewasa ini menunjukkan adanya kecenderungan iklan tampil dengan
dominasi bahasa visual daripada bahasa verbal. Antara tanda bahasa visual yang
digunakan dengan produk atau jasa yang dilakukan terkadang tidak memiliki hubungan
pemaknaan sama sekali dan bahkan terkadang mencerminkan pemaknaan di luar realitas.
enyataan ini, menjadikan iklan sebagai satu wacana yang sangat menarik untuk dikaji,
terutama terkait dengan makna dan pesan yang ditimbulkan oleh unsur bahasa visual
mampu menjadikan sebuah iklan tampillebih persuasif, menarik dan mudah di ingat.
Untuk dapat menangkap makna dan pesan iklan, yang ditunjukkan bahasa visual,
diperlukan pendekatan semiotika. Sedangkan untuk permasalahandibalik makna dan
pesan iklan diperlukan pendekatan khusus yaitu mitos. Hasil kajian menunjukkan, makna
clan pesan yang ada di balik bahasa visual mampu menjadikan iklan untuk tampil lebih
persuasif, menarik dan mudah di ingat oleh konsumen.
No copy data
No other version available