RELATIONSHIP QUALITY DAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS TERHADAP PREFERENSI NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING BANK BJB (SURVEY PADA NASABAH BANK BJB KOTA BANDUNG)
Persaingan dan kompleksitas bisnis bank saat ini menjadikan setiap bank
berlomba untuk menarik setiap calon nasabah. Pemberian tingkat suku bunga
yang tinggi serta hadiah besar yang ditawarkan tidak menjamin mereka menjadi
loyal dan merasa puas. Perkembangan teknologi internet yang signifikan dilihat
dari pertumbuhan jumlah penggunanya dewasa ini ikut andil dalam kehidupan
manusia. Hal ini dikarenakan akses internet memberikan kemudahan untuk
mengakses informasi dan melakukan transaksi tanpa terbatas oleh jarak, tempat
dan waktu. Salah satu jasa perbankan yang memberikan fitur internet banking
adalah Bank Bjb. Tujuan dari peneJitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
relationship quality dan Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap
preferensi nasabah menggunakan internet banking Bank Bjb di Kota Bandung.
Metode yang digunakan pada penelitian ini metode analisis deskriptif dan
verifikatif, data diperoleh melalui kuisioner dan observasi dilapangan, sampel
yang digunakan sebagai responden yaitu sebesar 250 responden, metode analisis
yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian berupa
tanggapan responden mengenai relationship quality, IMC dan preferensi nasabah
menggunakan interne! banking, dimana pengaruh relationship quality terhadap
preferensi nasabah menggunakan internet banking didapatkan hasil sebesar 34%
dan IMC terhadap preferensi nasabah menggunakan internet banking didapatkan
hasil sebesar 19%, adapun pengujian hipotesis secara simultan dan parsial
didapatkan hasil bahwa seluruh hipotesis diterima untuk variabel relationship
quality dan IMC terhadap preferensi nasabah menggunakan intern et banking
secara simultan maupun parsial.
No copy data
No other version available