PENGGUNAAN ELECTRONIC WO RD OF MOUTH (EWOM) DALAM SOCIAL MEDIA,RELIGIOSITY TERHADAP KESADARAN WISATAWAN MUSLIM LOKAL PENGGUNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL (SURVEY PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI KOTA BANDUNG)
Penggunaan Electronic Word-of-Mouth (eWOM) dalam Social Media,
Religiosity Terhadap Kesadaran Wistawan Muslim Lokal Pengguna
Makanan Dan Minuman Halal
(Survey pada Pengguna Instagram Di Kota Bandung)
Sabilla Saberina
Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Padjadjaran
Abstrak
Saat ini tren wisata kuliner kini mulai merambah tidak hanya melalui
televisi saja melainkan kemudahan akses terhadap sosial media pun bahkan telah
membuat partisipasi masyarakat penggunanya menjadi potensi besar untuk
mempengaruhi opini terhadap suatu infonnasi. Electronic word-of mouth diangap
efektif dalam strategi yang berfungsi sebagai cara bagi perusahaan untuk
memberdayakan konsumen. Instagram adalah salah satu teknologi berbasis teks
yang digunakan oleh orang-orang bisnis sebagai alat elektronik Word-of-Mouth
(eWOM) untuk menarik pelanggan kemudian menyebabkan pelanggan untuk
melakukan sebuah keputusan. Konsumen kini tidak hanya menginginkan
makanan yang hanya sekedar untuk dimakan dan mengisi perut. Survey yang
dilakukan mei 2014 menemukan bahwa sekitar 95% dari konsumen kelas
menengah mu slim kini mengecek label halal dari produk yang akan mereka beli.
Sejalan dengan hal tersebut potensi pasar halal ini masih menganga begitu lebar.
Namun pada kenyataanya sangat disayangkan bahwa konsep mengenai kesadaran
halal saat ini khususnya di Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara
tetangga. Sehingga bagaimana Electronic Word-of-Moutb (e WOM) dapat menjadi
penting ketika melihat tingkat Religiosity dan Kesadaran wisatawan Muslim lokal
jika dihadapkan pada peluang yang ada. Thesis ini menjelaskan mengenai hasil
survey yang dilakukan terhadap para wisatawan pengguna Instagram Di Kota
Bandung. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 250
responden. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan on line dan fields research
(penelitian lapangan). Penelitian lapangan yang dilakukan adalah dengan
melakukan penyebaran kuesioner kepada Wisatawan muslim di Kota Bandung.
Model penelitian diuji dengan Structural Equation Modelling (SEM)
menggunakan bantuan software Lisrel. Hasil penelitian secara parsial
menghasilkan nilai uji T koefisien menunjukkan bahwa pengaruh Electronic
Word-of-Moutb (e WOM) dan Religiosity berpengaruh positif terhadap Kesadaran
Wistawan Muslim dimana Electronic Word-of-Mouth (e WOM) dan Religiosity
dapat menjadi acuan dalam meningkatkan Kesadaran Wistawan Muslim Lokal
Pengguna Makanan Dan Minuman Halal di Kota Bandung.
No copy data
No other version available