PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN PELATIHAN KOMUNIKASI VERBAL KONSTRUKTIF PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK UNDERACHIEVER
MIRDA TIARASARI. NPM. 190420130022. Penyusunan dan Pelaksanaan
Pelatihan Komunikasi Verbal Konstruktif pada Ibu yang memiliki Anak
Underachiever. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd., Psikolog 2)
Fitri Ariyanti Abidin, M.Psi., Psikolog. .
Ibu berperan penting dalam kemauan belajar anak underachiever melalui
komunikasi verbal konstruktif, seperti, mendukung dan menghargai anak.
Faktanya, ibu menunjukkan perilaku komunikasi verbal destruktif sehingga anak
underahiever yang tergolong pandai menjadi malas, ditandai nilai rendah dan
periJaku membangkang. Untuk itu, ibu membutuhkan intervensi berupa Pelatihan
Komunikasi Verbal Konstruktif
Tujuan: (1) Merancang pelatihan kornunikasi verbal konstruktif
berdasarkan sembilan tahapan dari pendekatan instructional design, (2)
Mengujicobakan pelatihan komunikasi verbal konstruktif pada ketiga ibu yang
memiliki anak underachiever dalam 2 kali pertemuan dengan one group pre-test
post-test design. AI at ukur yang digunakan berupa Kuesioner Pengetahuan
Komunikasi Verbal Konstruktif lbu yang memiliki Anak Underachiever,
dikembangkan berdasarkan teori Underachiever, Kornunikasi dan Kornunikasi
Verbal Konstruktif
Basil Penelitian Studi 1: Rancangan pelatihan kornunikasi verbal
konstruktif dengan pendekatan effective adult learning dinilai tepat oleh expert
untuk meningkatkan pengetahuan ibu, metode games memberikan situasi nyaman
untuk memulai materi, met ode ceramah menyasar pengetahuan konsep, met ode
diskusi menyasar pada pemahaman contoh. Metode yang dinilai paling mudah
dipahami ketiga partisipan adaJah metode role play. Basil Penelitian Studi 2:
Hasil uji coba pelatihan kornunikasi verbal konstruktif menunjukkan peningkatan
pengetahuan yang signifikan dari ketiga partisipan. Kesimpulan: Rancahgan
pelatihan komunikasi verbal konstruktif yang telah disusun dan diujicobakan
dapat rneningkatkan pengetahuan aplikatif ibu yang memiliki anak underachiever
dalam berkomunikasi verbal konstruktif
No copy data
No other version available