PENGALAMAN KOMUNIKASI KELUARGA ANAK PENGHAFAL AL-QUR?AN DI KAMPUNG MUHAJIRUN (Studi Fenomenologi Mengenai Komunikasi Keluarga pada Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Qur?an di Kampung Muhajirun Negararatu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan)
Thalitha Sacharissa Rosyidiani, 210120140015. Program Magister Ilmu
Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini
berjudul "Pengalaman Komunikasi Keluarga Anak Penghafal AI-Qur" an di
Kampung Muhajirun, scbuah Studi Fenomenologi Mengenai Komunikasi
Keluarga pada Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Quran di
Kampung Muhajirun" dengan pembimbing Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, M.Si,
selaku ketua komisi pembimbing dan Dr. Uud Wahyudin, M.Si, selaku anggota
komisi pembimbing
Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami motif orang tua dalam
mendidik anak melalui pengalaman komunikasi keluarga yang menciptakan
pemaknaan tentang mendidik anak penghafal AI-Qur'an. Pendekatan penelitian
yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Data diperoleh
dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi
kepada 8 narasumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motif orang tua dalam mendidik
anak terdiri dari motif lingkungan, motif sosialisasi tahfidz, motif familiar tahfidz,
dan motif latar belakang orang tua, 2) Pengalaman komunikasi keluarga pada
orang tua dalam mendidik anak penghafal Al-Qur'an melibatkan unsur
pengambilan keputusan, penanganan konflik, otoritas mendidik anak, pembagian
peran, serta hambatan-hambatan dalam mendidik anak3)Makna mendidik anak
terbentuk dari proses ekstemalisasi yang dialami orang tua dengan lingkungan
Kampung Muhajirun. Orang tua secara subyektif mengadopsi nilai-nilai yang
mereka peroleh dari hasil interaksi mereka dengan lingkungannya kemudian
melegitimasi nilai-nilai tersebut sebagai realitas obyektif dan menurunkannya
kepada anak-anak penghafal AI-Qur'an sebagai kenyataan yang harus dijalani.
No copy data
No other version available