RANCANGAN PELATIHAN ?LITERACY DEVELOPMENT? Studi tentang Rancangan Pelatihan Literacy Development dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru TK Mengenai dan Cara MengoptimasikannyaPerkembangan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun
Eva Fauzah. L2H050517. Rancangan Pelatihan "Literacy Development".
Kemampuan membaca mempunyai peranan yang penting dalam
kehidupan manusia. Membaca merupakan bekal bagi keberhasilan individu di
sekolah dan dalam kehidupan selanjutnya kelak di masyarakat. Kemampuan
membaea tidak muncul begitu saja pada diri seseorang, tetapi harus mengikuti
suatu proses yang panjang dan melewati beberapa tahapan yang sifatnya
kontinum, tahapan ini dinamakan literacy development atau perkembangan
membaca (Tea le & Sulzby, 1986). Literacy development terjadi mulai dari anak
usia TK (usia 4-6 tahun) sampai usia sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
Penelitian ini menitikberatkan pada perkembangan membaea anak usia 4-6 tahun,
dimana pada usia ini anak dilatih untuk memiliki kemampuan serta keterampilan
yang dibutuhkan untuk belajar membaca sehingga anak memiliki kesiapan untuk
memasuki tahap pengenalan huruf, fonem dan kata.
Mengingat pentingnya kemampuan membaca, tujuan dari penelitian ini
adalah membuat suatu rancangan pelatihan "Literacy Development" yang akan
diberikan kepada guru TK daJam meningkatkan pengetahuan guru TK mengenai
perkembangan membaca anak usia 4-6 tahun dan eara mengoptimasikannya.
Raneangan pelatihan ini kemudian diujicobakan dan dilakukan evaluasi terhadap
proses belajar peserta yaitu dengan menggunakan kuesioner pengetahuan
perkembangan membaea. Kuesioner ini diberikan kepada peserta sebelum dan
setelah pelatihan, JaJu hasilnya dibandingkan. Evaluasi juga dilakukan terhadap
reaksi peserta atas materi, eara penyampaian materi, alokasi waktu, alur pelatihan,
tempat pelatihan dan setting ruangan pelatihan.
Uji coba pelatihan ini diJakukan pada 10 orang guru TK yang sedang
menjalani pendidikan SI di PGTK "X", berada di semster 2 dan 4, rentang usia
antara 20-30 tahun dan memiliki pengalaman mengajar 2-5 tahun.
Hasil dari perhitungan kuantitatif menyebutkan bahwa rancangan
pelatihan literacy development berperan dalam meningkatkan pengetahuan peserta
mengenai perkembangan membaca anak usia 4-6 tahun' dan cara
mengoptimasikannya.
No copy data
No other version available